nusabali

Gong Kebyar Duta Tabanan Tampil Memukau di PKB

  • www.nusabali.com-gong-kebyar-duta-tabanan-tampil-memukau-di-pkb

TABANAN, NusaBali
Duta Tabanan Gong Kebyar Anak-Anak dan Dewasa tampil memukau di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) pada Sabtu (2/7) malam.

Bahkan penampilan mereka juga dihadiri Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan beserta kepala OPD dan staf.

Pada PKB 2022 ini Gong Kebyar Anak-Anak diwakili Sanggar Haridwipa Gamela Group Desa Dauh Peken Tabanan dan Gong Kebyar Dewasa diwakili Sanggar Seni Gurnita Kusuma Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur.

Bupati Sanjaya mengaku sangat bangga bisa menyaksikan secara langsung aksi dari putra-putri terbaik Tabanan. Di mana pada kesempatan itu, Gong Kebyar Dewasa Sanggar Seni Gurniga Kusuma Desa Tangguntiti, Selemadeg Timur dan sekaa Gong Kebyar Anak-Anak Sanggar Haridwipa Gamela Group Desa Dauh Peken Tabanan tampil bersamaan serta silih-berganti menunjukan kemampuan olah gamelan dan tarian yang maksimal.

Gong Kebyar Dewasa Sanggar Seni Gurnita Kusuma Desa Tangguntiti, menampilkan aksi yang menawan dengan andalan Tabuh Pat Lelambatan Kreasi 'Anglelana Lamuk'. Mengalir dari hulu ke hilir, bermuara di laut lepas.

Begitupun dengan Gong Kebyar Anak-Anak Sanggar Haridwipa Gamela Group Desa Dauh Peken Tabanan, menampilkan aksi yang serupa dengan tabuh andalan 'Tabuh Lima Gambur Anglayang' sehingga kerap mendapat sambutan tepuk tangan yang meriah dari penonton.

"Kami sangat berbangga sekali melihat penampilan duta Kabupaten Tabanan, walaupun masih transisi pandemi tetapi kesenian kita khususnya Tabanan dalam PKB ini sangat luar biasa. Kami harap, para seniman Tabanan khususnya seniman tabuh agar terus berkarya, sehingga kedepannya mampu mengharumkan nama Tabanan," ujar Sanjaya usai pementasan.

Sanjaya juga sangat memuji semangat para penabuh, dan seluruh pihak yang terkait di dalamnya. Dikatakannya juga Ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya meskipun dengan keterbatasan karena efek dari pandemi. Hal ini membuktikan bahwa, seniman Tabanan sangat berkompeten dan juga mempunyai kualitas yang tidak kalah bagus dengan Kabupaten/Kota di Bali.

"Harapan kita ke depan, mari kita songsong PKB tahun selanjutnya dengan lebih baik lagi. Sudah barang tentu, kami akan selalu memberikan support, baik itu menyangkut dari sisi perhatian, anggaran dan lain-lain kepada seniman Tabanan untuk pentas di ajang bergengsi seperti PKB ini. Sekali lagi, sangat luar biasa penampilan dari penabuh kita. Ini sangat membanggakan dan semoga hal ini menjadi awal bukan menjadi akhir," harap Sanjaya. *des

Komentar