nusabali

Kafilah Kabupaten/Kota se-Bali Ikuti MTQ XXIX

  • www.nusabali.com-kafilah-kabupatenkota-se-bali-ikuti-mtq-xxix

DENPASAR, NusaBali.com – Setelah tiga tahun vakum, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Bali digelar kembali pada 2022. Para pemenang MTQ yang dilangsungkan 3-4 Juli 2022 di Denpasar ini, akan mewakili Bali ke ajang MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan pada 10-19 Oktober 2022.

“MTQ Bali ini sebelumnya digelar di tingkat kecamatan, kemudian di tingkat kota/kabupaten. Nantinya para pemenang akan mewakili Bali ke MTQ Nasional,” kata H Ismoyo Soemarlan, Ketua Panitia MTQ Tingkat Bali.

Pembukaan MTQ dengan tema ‘Penguatan Moderasi Beragama Melalui MTQ XXIX Perekat Pasemetonan Wujudkan Umat Rukun, Indonesia Maju’ dilangsungkan di Dharma Negara Alaya (DNA) Denpasar pada Minggu (3/7/2022) sore. 

Kafilah Jembrana mengirimkan 32 peserta, Tabanan 32 peserta, Badung sebagai juara bertahan mengirim 36 peserta, Gianya 16 peserta,  Klungkung 26 peserta, Bangli 15 peserta, Karangasem 13 peserta, Buleleng 34 peserta dan tuan rumah Denpasar 32 peserta.

Sementara itu Walikota Depasar IGN Jaya Negara dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten II Anak Agung Gede Risnawan berharap ajang MTQ memberi manfaat dan motivasi bagi Depasar agar lebih religius. “Kami bersinergi oprimalkan potensi dan sumber daya agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh kafilah,” demikian sambutan Walikota Denpasar. 

Sebagai tuan rumah, Walikota Jaya Negara menyatakan menyambut hangat kehadiran seluruh kafilah MTQ Bali. “Semoga MTQ menjadikan masyarakat Bali pada umumnya, dan Denpasar khususnya, mengimplementasikan nilai luhur dari Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,” kata Jaya Negara.

Adapun cabang perlombaan yang digelar di antaranya Tilawah, Tahfidz, Fahmil, Syarhil, Khot, dan Karya tulis ilmiah. “Pemetaan kekuatan merata semua kabupaten/kota. Dan yang menggembirakan mereka punya semangat untuk maju dan berprestasi,” kata Ismoyo.

Sementara itu mengenai peluang di level nasional, Ismoyo menyebut potensi Bali sangat bagus. “Beberapa tahun lalu mendapatkan kafilah Bali sering mendapatkan juara tingkat nasional.Semoga bisa mempertahankan prestasi sebelumnya yang meraih beberapa medali emas, perak dan perunggu. Semoga bisa ditinggkatkan lagi,” kata Ismoyo. 

Untuk tempat penyelenggaraan lomba disebar di beberapa lokasi. Tilawah remaja dan dewasa di Gedung PWI Bali, Tilawah Anak dan Tartil  di Wisma Sejahtera Kanwil Kemenag Bali di Jalan Kahuripan Denpasar.

Selanjutnya Masjid Raya Baiturrahman Jalan A Yani menjadi lokasi lomba tahfidz 1 jus dan tilawah, 10 juz, Aula Kantor Desa Dauh Puri Kaja (Fakmil Quran), Musala Al Hidayah Jalan Gatsu VIF Denpasar (Syarhil Quran).

Aula Kantor Kemenag Kota Denpasar (KTI Al Quran), dan halaman Musala Al Muhajirin Jalan Pondok Indah IV Denpasar (Khot Al Quran).

Komentar