nusabali

Gong Kebyar Crekeh Genjer Tampil Memukau

  • www.nusabali.com-gong-kebyar-crekeh-genjer-tampil-memukau
  • www.nusabali.com-gong-kebyar-crekeh-genjer-tampil-memukau

SEMARAPURA, NusaBali
Gong Kebyar Wanita Crekeh Genjer, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tampil memukau saat pentas pada ajang Pesta Kesenian Bali (PKB), di panggung terbuka taman budaya Art Centre Denpasar, Kamis (30/6) malam.

Dalam penampilannya Sekaa Gong Crekeh Genjer menyuguhkan Tabuh Telu Lelambatan, Tabuh Kreasi, Tari Kreasi, dan Drama Tari. Untuk Tabuh Telu Kreasi, Sekaa Gong Crekeh Genjer menampilkan tari telu lelambatan yakni Kapinggon yang berarti terlena, diilhami dari sifat egois manusia, pesan yang terkandung dalam Kapinggon adalah agar sadar akan tingkah laku diri sendiri, adalah keharusan hingga terlena akan alam yang memberikan sumber kehidupan.

Pada Tabuh Kreasi menampilkan tabuh berjudul Membah  yang berarti mengalir tiada henti. Sedangkan, pada Tari Kreasi, Sekaa Gong Wanita menampilkan Sukla Swanita yang menggambarkan bersatunya purusa dan predana untuk kelangsungan generasi manusia, di mana dalam tarian ini dikemas sebagai simbol bersatunya unsur benih kehidupan yang dibingkai oleh kemuliaan Sang Hyang Enjo-enjo di Nusa Lembongan, sebagai sebuah persembahan penolak bala atas bencana kekeringan yang akan menimpa.

Pada Drama Tari, Sekaa Gong ini menampilkan judul Danu Reka diilhami saat manusia sudah mulai buta, dibutakan oleh harta, dan kekayaan, tidak lagi ingat kepada alam semesta yang sudah memberikan segalanya, melupakan sang pencipta yang sudah memberikan kemakmuran bagi ciptaannya, murka sang pencipta tidak bisa dihindari. Pesan yang tersirat dalam Drama ini adalah manusia hanya sebuah butiran debu, kering, tandus, panas yang membara membakar jiwa, tidak lagi ada kehidupan bagi mereka, karena setetes darimu, menghidupi dunia yang semu, kering tanpamu, matilah jiwaku.

Perbekel Desa Lembongan I Ketut Gede Arjaya mengatakan, sekaa gong ini berdiri pada 16 Juli 2019. Dalam kamus bahasa Bali, Crekeh berarti kecil, namun penuh kedewasaan. Genjer adalah sifat-sifat lincah atau enerjik.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengapresiasi Sekaa Gong Wanita Crekeh Genjer yang sudah memberikan penampilan optimal sebagai Duta Kabupaten Klungkung. Dia juga mengapresiasi masyarakat yang sudah menyaksikan penampilan Sekaa Gong Wanita Crekeh Genjer hingga usai.

Bupati Suwitra berharap dengan penampilan Sekaa Gong Wanita Crekeh Genjer dapat memotivasi seniman-seniman di Klungkung. Harapannya, sekaa kesenian ini dapat menampilkan kreasinya pada objek wisata di Nusa Penida. ‘’Kesenian ini juga dapat menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan ke Nusa Penida,” harap Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Ny Ayu Suwirta.

Hadir pada pementasan itu, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra didampingi Ny Gede Putu Winastra, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Klungkung. *wan

Komentar