nusabali

Enam Negara Semarakkan Kejuaraan Dunia PD di Bali

  • www.nusabali.com-enam-negara-semarakkan-kejuaraan-dunia-pd-di-bali

DENPASAR, NusaBali
Pesilat Perisai Diri (PD) dari enam negara dipastikan turun pada Kejuaraan International ke-10, yang dimulai Sabtu (2/7) hingga Jumat (8/7) di GOR Lila Buana, Denpasar.

Keenam negara itu, yakni Amerika Serikat, Australia, Jepang, Brunei, Belanda, dan tuan rumah Indonesia.  Jumlah peserta mencapai 609 pesilat dan akan dibuka Gubernur Bali, Wayan Koster, di Rumah Jabatan Gubernur Bali Jaya Sabha pada pukul 17.00 Wita. Menurut Ketua Panitia I Nyoman Yamadhiputra jumlah peserta melampaui target.

“Antusiasme peserta itu tak lepas dari sempat ditundanya kejuaraan akibat Pandemi Covid -19. Jadi nanti akan ada

30 kontingen, yang terdiri dari 24 tim provinsi, dan enam tim manca negara,”kata Yamadhiputra, yang juga Ketua Harian Pengurus Pusat Perisai Diri, pada Jumat (1/7).

Yamadhiputra mengatakan, tuan rumah Bali menurunkan dua tim, masing-masing tim  A dengan berkekuatan 66 pesilat dan tim Bali B dengan 20 pesilat. Yamadhiputra berharap para pesilat Bali putra benar-benar memanfaatkan kejuaraan dunia itu sebagai tolok ukur kemampuan teknik maupun fisik.

“Sebab mereka akan menghadapi para pesilat tangguh baik dari dalam atau luar negeri. Ini kesempatan bagus, saya harap pesilat Bali bisa mengambil sisi positif terutama menyerap teknik dan strategi para pesilat tangguh yang dihadapinya," harap Yamadhiputra, yang juga Sekum KONI Bali itu .

Menurut Yamadhiputra yang , wakil Bali pada kejuaraan tersebut adalah para juara Kejurda Kelatnas Indonesia di GOR Yuwana Mandala Tembau Denpasar pada akhir April lalu. Mereka memang pesilat perisai diri terbaik saat ini.

Yamadhiputra itu menegaskan kejuaraan internasional Perisai Diri ini awalnya direncanakan dihelat di NTB, tetapi karena situasi Pandemi Covid-19 akhirnya diundur, dan akhirnya kejuaraan ini dialihkan dihelat di Bali.

Menurutnya, yang pertandingkan ada 46 nomor pertandingan, dengan rincian 24 laga dan serang hindar, serta 22 nomor kerapian teknik. Yamadhiputra ingin kejuaraan ini memfasilitasi pertemuan para pesilat PD di seluruh dunia untuk berkompetisi meraih prestasi.

Disamping itu kejuaraan itu adalah rangkaian kegiataan Ultah ke-67 Perisai diri pada 2 Juli 1955 - 2 Juli 2022. Selain itu, juga bagian dalam program pencak silat menuju Olympiade. *dek

Komentar