nusabali

Kontingen Soina Bali Dilepas ke Pesonas

  • www.nusabali.com-kontingen-soina-bali-dilepas-ke-pesonas

DENPASAR, NusaBali
Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Kadisdikpora) Bali, I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa melepas kontingen Special Olympics Indonesia (Soina) Bali mengikuti Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022, di Aula Kantor Disdikpora Bali, Niti Mandala, Denpasar, Jumat (1/7) pagi.

Sebanyak 40 anggota kontingen Bali terdiri dari 26 atlet, 11 pelatih, dan tiga ofisial akan berlaga di ajang Pesonas I, pada 3-8 Juli, di Semarang. Pesonas adalah ajang olahraga yang pesertanya para atlet difabel grahita (hambatan intelektual termasuk down syndrome).

"Saya berharap kesiapan, optimisme, dan tekad yang kuat seluruh atlet, pelatih, dan official, dapat menghasilkan prestasi yang gemilang," kata Boy Jayawibawa, yang mewakili Gubernur Bali Wayan Koster.

Apalagi, kata Jayawibawa, Pesonas 2022 jadi ajang seleksi para atlet yang mewakili Indonesia dalam Special Olympics World Games 2023, di Berlin, Jerman .

Sementara itu Ketua Soina Bali, Ni Made Murdani, menuturkan kontingen Bali akan mengikuti enam cabang olahraga pada Pesonas 2022, yakni atletik, bocce, renang, bulutangkis, senam ritmik, dan tari daerah.

Pencapaian Soina Bali pada Pesonas 2022 diharapkan melebihi prestasi pada Pesonas 2018 di Bandung. Saat itu Bali membawa pulang 9 medali emas, 9 perak, dan 6 perunggu. Pada Pesonas 2022 akan dipertandingkan 12 cabang olahraga dan seni, di GOR Jatidiri Semarang pada 4 Juli ini. *cr78

Komentar