nusabali

Spirit Air Jadi Roh Karya Perupa Bali

Sarasehan Seni Rupa Toya Stilistika Rupa di PKB XLIV

  • www.nusabali.com-spirit-air-jadi-roh-karya-perupa-bali

Wayang Kamasan yang menceritakan Pemutaran Mandara Giri, serta lukisan tradisional gaya Ubud dengan judul Nawa Segara, adalah contoh lukisan yang mengangkat penghormatan terhadap air.

DENPASAR, NusaBali
Para perupa Bali sejak lampau sudah menyisipkan spirit air ke dalam karya-karya mereka. Di dalam karya mereka terdapat roh yang memberikan penghargaan dan penghormatan secara emosional terhadap air.

Hal tersebut mengemuka pada Widyatula (Sarasehan) Seni Rupa Toya Stilistika Rupa serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV yang digelar secara daring dari Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Jumat (1/7).

“Toya stilistika rupa merupakan gaya bahasa rupa yang mengeksplorasi makna air sebagai sumber gagasan untuk mengekspresikan tentang keagungan dan keunikan karakter air sebagai sumber-sumber kehidupan,” ujar Drs I Wayan Gulendra MSn, narasumber pada sarasehan tersebut.

Akademisi ISI Denpasar ini menyampaikan, lukisan dari para panglingsir (tetua) Bali yang menekankan penghormatan terhadap air, dapat ditemukan dalam lukisan klasik Wayang Kamasan dari Kabupaten Klungkung.

“Dalam gaya lukis Wayang Kamasan memberikan suatu pencerahan dan penghormatan terhadap air yang disebut hulu. Bagaimana air demikian disucikan dalam sebuah lukisan,” tutur Gulendra, perupa yang juga telah berpameran ke sejumlah negara.

Wayang Kamasan yang menceritakan Pemutaran Mandara Giri, urainya, menjadi salah contoh lukisan Wayang Kamasan yang memberikan gambaran kepada masyarakat bagaimana menghormati air.

Dalam Wayang Kamasan bahkan sudah memiliki pakem tertentu, karena pesan nilai dari air itu sebagai suatu konvensi yang disepakati masyarakat secara kolektif.

Selain itu, dalam lukisan tradisional gaya Ubud dengan judul Nawa Segara karya I Dewa Nyoman Leper, juga menjadi contoh lukisan yang mengangkat penghormatan terhadap air.

“Jadi, para pendahulu kita sesungguhnya sudah memberikan pesan agar kita tidak semena-mena menggunakan air, apalagi mengeksploitasi. Bagaimana kita mengendalikan diri dalam proses pemanfaatan air dengan baik,” ujar Gulendra.

Kemudian dalam seni rupa modern, penelusuran terhadap makna-makna air, secara individual sesuai dengan bahasa ungkap masing-masing.

“Di sana ada gaya pribadi atau gaya individu, mereka bebas berekspresi sesuai dengan fenomena yang dihadirkan oleh air,” katanya.

Contoh seni rupa modern yang mengangkat perihal air dapat dijumpai dalam lukisan gaya kontemporer berjudul The Ultimate Sail karya I Wayan Kun Adnyana, lukisan berjudul Cosmic Energy Flow karya I Wayan Karja, dan masih banyak lainnya.

Terkait efektif tidaknya karya seni rupa dalam menyampaikan pesan pemuliaan air, menurut Gulendra, tergantung bagaimana masyarakat mengapresiasi terhadap bahasa simbol yang ditampilkan dalam karya seni rupa.

Sebuah gambar, lanjut dia, tidak semata-mata mentransfer apa yang dilihat oleh mata, tetapi apa yang dirasakan tentang objek, memindahkan suatu perasaan dalam suatu media.

“Jadi, mari kita apresiasi bersama sumber-sumber simbol yang telah diwariskan para panglingsir kita, termasuk para perupa modern,” katanya.

Drs I Gusti Nengah Nurata MSn selaku narasumber berikutnya banyak membahas tentang karya seni lukis modern Indonesia yang membahasarupakan perihal air.

Pendiri Nurata Fine Art Studio, Surakarta, ini memaparkan contoh-contoh karya lukis modern yang terinspirasi atau seputar keberadaan air, meliputi suasana air, karakter air, irama air, dinamika air, dan energi air. Selain itu ada pula lukisan yang terinspirasi peristiwa terkait air.

Nurata menjelaskan sampel karya seni lukis modern, seperti ciptaan Lucia Hartini, Made Sumadiyasa, Endro Banyu, dan Yudo Prasetyo, yang olah cipta unsur visual airnya berciri khas personal sebagai cerminan gaya bahasa/stilistika rupa personal. *cr78

Komentar