nusabali

Pesilat Australia dan Belanda Ikuti UKT Perisai Diri di Bali

  • www.nusabali.com-pesilat-australia-dan-belanda-ikuti-ukt-perisai-diri-di-bali

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 158 peserta mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Perisai Diri, di GOR Lila Bhuana Denpasar, Kamis (30/6).

Di antara 158 peserta itu, sebagian dari Australia dan Belanda. UKT yang awalnya tingkat nasional, akhirnya dibuka peserta manca negera.

Ketua Panitia UKT Perisai Diri, I Wayan Darmawan mengatakan, jumlah peserta UKT melampaui target, dari target awal 100 peserta hingga mencapai 158 peserta. Bahkan di antara mereka ada dari dua Australia dan Belanda. Sedangkan peserta dari Bali paling banyak karena tuan rumah. Selain itu, juga dari  NTT, Jatim, Banten, NTB, Jakarta, dan Jabar,

"Peserta dari Bali paling banyak di semua tingkatan UKT. Hal itu karena faktor kemudahan untuk ambil bagian pada UKT tahun ini, minimal peserta dari Bali tidak keluar uang transport," kata Wayan Darmawan.

Menurut Wayan Darmawan, UKT kali ini mulai peserta tingkat merah ke merah kuning diperlukan waktu pendidikan minimal 12 tahun. Sedangkan untuk tingkat merah kuning ke kuning minimal pendidikan 15 tahun, dan dari tingkat kuning ke kuning emas lama pendidikan 18,5 tahun.

"Itu durasi lama pendidikan sebagai syarat ikut UKT di semua tingkatan yang ada," tegas Darmawan.  Sementara itu, tim penguji pengurus pusat yang juga Ketua Presidium Dewan Pendekar, Hari Soejanto dalam sambutannya saat pembukaan menekankan UKT menjadi evaluasi latihan selama ini. Hari Soejanto mengevaluasi kemampuan keilmuan perisai diri yang terdiri dari teknik, pernapasan dan kerohanian. *dek

Komentar