nusabali

Wapres Buka Rakornas KMHDI

  • www.nusabali.com-wapres-buka-rakornas-kmhdi

JAKARTA, NusaBali
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Prime Part, Lombok, Kamis (30/6).

Dalam sambutanya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengharapkan, Rakornas KMHDI XV dapat dijadikan momentum untuk memperkuat struktur organisasi agar tetap dalam keadaan solid, menanamkan rasa nasionalisme dan mencintai budaya.

Wapres Ma'aruf Amin juga mengatakan, Rakornas XV harus menjadi ajang untuk menggali gagasan-gagasan strategis dalam rangka membantu pemerintah mengembangkan sumber daya manusia. Wapres mengajak KMHDI untuk mendukung dan mensukseskan kepemimpinan Indonesia di dalam G-20.

"Tahun ini, kita berkesempatan menjadi ketua presidensi G 20. Untuk itu, sebetulnya pemuda memiliki peran startegis terutama dalam menentukan arah kebijakan kedepan melalui forum-forum seperti Youth-20," ucap Wapres melalui keterangan tertulis KMHDI, Kamis malam (30/6).

Turut hadir dalam pembukaan Rakornas, Forum Komunikasi Daerah (Forkominda) NTB, anggota DPRD NTB, Ketua Forum Alumni KMHDI dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah. Zulkieflimansyah mengatakan, pemerintah provinsi sangat mendukung perhelatan Rakornas tersebut.

"Dalam situasi saat ini, Rakornas mahasiswa Hindu yang dilaksanakan di NTB selalu kami upayakan dengan spirit untuk mendukung. Kemudian memfasilitasi kegiatan ini sehingga diharapkan berjalan maksimal," ucap Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah berpesan kepada KMHDI agar Rakornas yang berlangsung di Lombok harus menghasilkan rumusan, gagasan yang bisa menginspirasi anak muda di Indonesia. Apalagi temanya mengusung Merawat Indonesia.

"Semoga bisa memberikan dampak positif bagi kita semua serta bisa memberikan inspirasi bagi anak muda," papar Zulkieflimansyah.

Sementara Ketua Presidium KMHDI, I Putu Yoga Saputra menjelaskan, pemilihan tema Merawat Indonesia diartikan sebagai semangat seluruh komponen bangsa dalam menjaga nilai-nilai dan dasar falsafah bangsa. "Kami menyadari keberagaman dan nilai yang dimiliki Indonesia adalah anugerah," kata Putu Yoga.

Untuk itu, lanjut Putu Yoga, seluruh komponen bangsa termasuk KMHDI harus menjaga dan ikut bertanggung jawab merawat dan menjaga hal tersebut. Putu Yoga menegaskan, melalui Rakornas kali ini, KMHDI hadir untuk bangsa sebagai kekuatan positif dan solusif dalam menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia.

"Dengan mengusung tema Merawat Indonesia, Rakornas XV KMHDI hadir untuk bangsa. Lalu menjadi kekuatan yang positif, solutif bagi persoalan dan tantangan bangsa saat ini,” imbuh Putu Yoga. *k22

Komentar