nusabali

30 SMP di Karangasem Segera Akreditasi

  • www.nusabali.com-30-smp-di-karangasem-segera-akreditasi

AMLAPURA, NusaBali
Kabid SD dan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana mengatakan, sebanyak 30 SMP negeri di Karangasem siap mengikuti akreditasi.

Tahun ini akreditasi berbasis web dengan aplikasi Sispena (Sistem Informasi Penilaian Akreditasi) 2.0. Terdapat perubahan sistem dari berbasis kepatuhan administrasi menjadi berbasis kinerja.

Ada empat komponen penilaian yakni standar proses, standar pembelajaran, standar mutu ketenagaan, dan manajemen sekolah. Akreditasi bertujuan untuk mengoptimalkan realisasi delapan standar pendidikan. “Akreditasi untuk mengetahui kemajuan di lembaga satuan pendidikan. Ada alat ukur yang digunakan melakukan penilaian,” jelas Gusti Jaya Arsana, Kamis (30/6).

Terpisah, Kasek SMPN 2 Selat I Komang Arta mengatakan sedang mengisi aplikasi Sispena. Petugas telah mengisi Sispena menyangkut data 28 guru, data siswa masing-masing kelas VII sebanyak 276 siswa, kelas VIII sebanyak 253 siswa, dan kelas IX sebanyak 226 siswa. Data sarana dan prasarana didukung 25 ruang kelas, lab, kamar kecil, perpustakaan, dan sarana pendukung lainnya. “Terakhir SMPN 2 Selat diakreditasi tahun 2017,” jelas Komang Arta. *k16

Komentar