nusabali

Siswa Tak Dapat SMP Negeri, Disubsidi Rp 1 Juta untuk di Swasta

  • www.nusabali.com-siswa-tak-dapat-smp-negeri-disubsidi-rp-1-juta-untuk-di-swasta

Wakil Walikota Denpasar Arya Wibawa minta sekolah swasta turunkan uang gedung untuk siswa baru

DENPASAR, NusaBali

Pemkot Denpasar menjanjikan siswa yang tidak mendapatkan SMP Negeri di Kota Denpasar akan diberikan subsidi. Subsidi yang diberikan sebesar Rp 1 juta untuk melanjutkan ke SMP swasta dengan syaratnya memiliki Kartu Keluarga (KK) Denpasar.

Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa, Kamis (30/6) mengatakan, subsidi ini diberikan untuk meringankan siswa yang akan bersekolah di sekolah swasta. Subsidi yang diberikan tersebut berupa uang pembangunan atau uang gedung.

Menurut dia, ada 3.000an siswa lebih yang akan ditampung di sekolah swasta karena tidak lolos di SMP Negeri. “Dari kajian ada sekitar 3000-an lebih siswa yang tidak ditampung di SMP negeri, sehingga kami berikan subsidi uang pembangunan,” jelas Arya Wibawa.

Besaran subsidi uang pembangunan yang akan ditanggung Pemkot Denpasar ini diberikan sebesar Rp 1 juta per siswa. Selain itu, Arya Wibawa melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar juga meminta agar SMP swasta di Denpasar menurunkan uang gedung.

Apalagi menurutnya, sekolah swasta saat ini sudah banyak mendapatkan siswa. “Dengan meningkatnya jumlah siswa yang diterima di sekolah-sekolah swasta, dari uang gedung yang dicanangkan kami meminta agar diturunkan,” harapnya.

Mantan Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Denpasar ini mengatakan, beberapa SMP swasta sudah menurunkan uang gedung sampai 20 persen. Saat ini pihaknya juga tengah berupaya untuk menyetarakan pandangan masyarakat terhadap sekolah swasta dan negeri ini.

“Kami tidak ingin lagi ada perbedaan antara negeri dan swasta dan kami urai permasalahan tersebut dengan melakukan komunikasi. Pertama dari Dinas Pendidikan juga sudah komunikasi dengan sekolah swasta agar tidak menutup pendaftaran sebelum Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) selesai,” imbuh politisi asal Desa Pemogan ini.

Dari data Disdikpora Denpasar, diketahui jumlah siswa SD yang tamat tahun 2022 sebanyak 13.751 orang, dengan rincian 9.624 orang memiliki KK Denpasar dan 4.127 orang KK non Denpasar. Sementara untuk daya tampung 15 SMP negeri di Denpasar pada PPDB kali ini sebanyak 5.320 siswa. Sehingga yang nantinya mendapatkan subsidi khusus KK Denpasar sebanyak 4.304 siswa.*mis

Komentar