nusabali

Ketua DPC Demokrat Se-Bali Ditetapkan

Dipatok Target Minimal 15 Persen Suara di Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-ketua-dpc-demokrat-se-bali-ditetapkan

Di Pemilu 2024 Demokrat tidak akan merebut basis suara partai politik lain, melainkan mencari segmen baru, yakni pemilih pemula dari kalangan milenial.

DENPASAR, NusaBali
Ketua Umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi menetapkan 9 Ketua DPC Demokrat Kabupaten/Kota periode 2021-2026 se-Bali. Ketua DPD Demokrat Bali, I Made Mudarta di Denpasar, Kamis (30/6) mengatakan 9 Ketua DPC Demokrat yang ditetapkan ini ditarget 15 persen suara di Pemilu 2024 mendatang.

Sebanyak 9 Ketua DPC yang ditetapkan DPP Demokrat, 8 di antaranya merupakan incumbent, sementara 2 orang new comer (pendatang baru). Ketua DPC yang berstatus incumbent, yakni Anak Agung Ketut Asmara Putra alias Gus Cilik, politisi asal Kelurahan Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat  sebagai Ketua DPC Demokrat Denpasar, I Made Sunarta, politisi asal Desa Abianbase, Kecamatan Mengwi, Badung sebagai Ketua DPC Demokrat Badung, I Gede Artison Andarawata alias Soni, politisi asal Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung sebagai Ketua DPC Demokrat Klungkung, Tjokorda Gde Asmara Putra Sukawati, politisi asal Puri Ubud, Kelurahan/Kabupaten Gianyar sebagai Ketua DPC Demokrat Gianyar, I Wayan Wardana, politisi asal Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana sebagai Ketua DPC Demokrat Jembrana, Luh Gede Herryani, politisi asal Desa Pakisan, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng sebagai Ketua DPC Demokrat Buleleng, I Komang Carles, politisi asal Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Bangli sebagai Ketua DPC Demokrat Bangli.

Sementara 2 new comer adalah I Wayan Adnyana, politisi asal Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Tabanan sebagai Ketua DPC Demokrat Tabanan dan I Komang Wirawan, politisi asal Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Karangasem sebagai Ketua DPC Demokrat Karangasem. Komang Wirawan yang juga Anggota Fraksi Demokrat DPRD Bali Dapil Karangasem membuat kejutan. Tidak diunggulkan, Wirawan justru menyabet kursi Ketua DPC Demokrat Karangasem.  

Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta menambahkan 9 Ketua DPC yang ditetapkan berposes melalui uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test)

oleh Tim Lima yang terdiri dari 3 orang unsur DPP, yakni Ketua Umum;  Sekretaris Jenderal dan Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) dan 2  orang unsur DPD (Ketua dan Sekretaris DPD).  “Sebanyak 9 Ketua DPC Partai Demokrat yang ditetapkan tersebut merupakan hasil Musyawarah Cabang ke-4 serentak DPC Partai Demokrat se-Provinsi Bali  yang diselenggarakan pada 18 April 2022 di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar. Jadi prosesnya sudah sangat terbuka dan demokratis,” beber Mudarta.

Mudarta mengatakan usai ditetapkan, para Ketua DPC terpilih diminta tidak leha-leha lagi, tetapi sudah tancap gas konsolidasi ke akar rumput. Karena DPP Demokrat menarget para Ketua DPC ini 15 persen suara di Pemilu 2024. “Kalau bisa 20 persen suara, supaya bisa mengusung calon kepala daerah di Pemilu 2024 nanti. Pokoknya merebut suara minimal 15 persen dulu,” jelas politisi asal Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jembrana ini.

DPP Demokrat, kata Mudarta memasang strategi baru di Pemilu 2024. Kata dia, Demokrat tidak akan merebut basis suara partai politik lain di Pemilu 2024, tetapi mencari segmen baru. Karena pola ini lebih elegan. “Cari pangsa pasar baru lah, basis suara yang tidak menjadi basis partai lain. Jadi partai pesaing nggak usah khawatir dengan Demokrat, karena kita tidak akan merebut suara mereka di Pemilu 2024,” jelas mantan Ketua OKK DPD Demokrat Bali periode 2006-2011 ini.     

Basis suara baru dari mana? “Ya dari pemilih pemula, kalangan milenial yang di Pemilu 2024 itu hampir 50 persen jumlahnya dari total pemilih. Selain itu, Demokrat juga banyak merekrut kader muda yang potensial, sehingga kami optimis dapat merebut suara milenial. Jadi fokus kami pemilih baru, bukan yang sudah dikuasai partai lain,” ujar Mudarta.  

Untuk pencalegan, Mudarta mengatakan akan memasang para incumbent, kemudian para tokoh yang sudah bergabung dengan Demokrat di Pemilu 2024. Mudarta tidak menyebutkan siapa saja tokoh yang akan gabung. Intinya, kata dia, Demokrat ingin mengembalikan kejayaan di Pileg 2009. “Kami optimis, menyongsong dan memenangkan Pemilu 2024,” ujarnya. Dalam Muscab serentak DPC Demokrat se Bali yang diselenggarakan pada 18 April 2022 lalu di Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar ada dua DPC yang mengirim dua nama calon Ketua DPC Demokrat ke DPP. Keduanya, yakni DPC Demokrat Buleleng kirim dua nama, yakni incumbent Luh Gede Herryani dan I Made Adi Purnawijaya. Selanjutnya DPC Demokrat Karangasem setor nama Wakil Ketua OKK DPC Demokrat Karangasem I Wayan Suparta dan I Komang Wirawan. Keduanya sama-sama anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Demokrat. Selain itu keduanya sama-sama berstatus New Comer, sebab Ketua DPC Demokrat Karangasem sebelumnya, I Gede Sumantara meninggal dunia karena sakit. *nat

Komentar