nusabali

Siswa SMAN 5 Denpasar Terpilih Mengikuti 'Garuda Nusa Youth Action 4' di Labuan Bajo

  • www.nusabali.com-siswa-sman-5-denpasar-terpilih-mengikuti-garuda-nusa-youth-action-4-di-labuan-bajo

DENPASAR, NusaBali
Salah seorang murid SMA Negeri 5 Denpasar meraih prestasi tingkat nasional. Putu Gigah Ardewi, terpilih sebagai salah satu delegasi pada program ‘Garuda Nusa Youth Action 4’ (GNYA 4) yang berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 29 Juni hingga 7 Juli 2022.

Tidak tanggung-tanggung Ardewi terpilih melalui jalur ‘fully funded’ (dibiayai penuh). Ardewi terpilih setelah bersaing dengan ribuan pelamar lainnya, yang merupakan pemuda Indonesia pada rentang usia 15-35 tahun. Meskipun saat ini Ardewi telah lulus dari sekolah dan telah diterima di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang, dia merupakan satu-satunya delegasi yang masih berstatus pelajar—kelas XII/MIPA 8—ketika melakukan pendaftaran pada April 2022 lalu.

“Saya sangat bersyukur karena Tuhan memberikan kesempatan ini,” kata Ardewi, Rabu (29/6).  Garuda Nusa Youth Action merupakan program yang memfasilitasi para pemuda untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas diri melalui program pemberdayaan masyarakat, sharing knowledge, memperkuat jejaring, serta memahami pentingnya berkolaborasi dan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat sebelum benar-benar menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri.

Di Desa Warloka Pesisir, Labuan Bajo, yang saat ini memiliki kesulitan akses air bersih, Ardewi akan membawa misi pendidikan. Dia akan berbagi ilmu dan pengalamannya selama ini, termasuk saat menimba ilmu di SMAN 5 Denpasar.

Ardewi mengakui, dirinya selama ini memang sangat tertarik dengan berbagai hal yang menyangkut pendidikan. Karena itu dirinya sangat termotivasi untuk memberikan kontribusi di bidang pendidikan bukan hanya sebagai konsumen (pelajar) yang setiap harinya diajar oleh guru di sekolah, namun lebih dari itu untuk berbagi pengalaman belajarnya untuk masyarakat luas.

“Saya melabeli diri saya sebagai ‘education enthusiast’. Bukan karena saya pintar dalam bidang akademik, malahan sangat banyak siswa SMAN 5 Denpasar lainnya yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan saya,” ucap Ardewi.

Kepala Sekolah SMAN 5 Denpasar Dra Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati MSos, mengatakan sangat bangga atas capaian yang diraih Ardewi sebagai salah satu delegasi yang berangkat ke Labuan Bajo. Apalagi Ardewi merupakan satu-satunya delegasi yang ketika mendaftar masih berstatus pelajar.

“Selain pendidikan akademik, kami membekali anak didik dengan soft skill, seperti keterampilan berkolaborasi, agar mereka nantinya memiliki bekal untuk ikut memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat,” ujar Cok Mirah.

Dia menuturkan, apa yang diraih Ardewi diharap bisa menjadi inspirasi buat para siswa SMAN 5 Denpasar yang lain. Dia menyebut sejumlah prestasi lainnya telah diraih para siswanya yang mengikuti perlombaan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) selama beberapa pekan belakangan.

Di antaranya Juara II LKTI Universitas Negeri Surabaya pada 18 Mei 2022, yang diraih siswa I Wayan Surya Pradipa Yasa (kelas XII/MIPA 1) dan  I Putu Krisna Agastya Artawan (XII/MIPA 5). Juara II LKTI Universitas Internasional Semen Indonesia pada 5 Juni 2022, yang diraih siswa Andari Tri Pradani (XII/MIPA I), Ni Kadek Putri Aryani (XII/MIPA I), dan Ni Wayan Dhini Mirayani (XII/IPS I).

Selanjutnya juara II LKTI Universitas Negeri Malang pada 25 Juni 2022, yang diraih siswa Kadek Pebiyanti Dwi Samhitha (XII/MIPA 1), Friska Mayora Dolfina (XII/IPS 2), dan Ketut Gede Artha Sedana (XII/MIPA 1). Sekaligus meraih juara III pada lomba yang sama diraih siswa Ni Ketut Sri Bintang Pratiwi (XII/MIPA 3), Dewa Ayu Intan Mahaswari (XII/MIPA 6), dan I Gusti Ayu Dwi Pramesti (XII/MIPA 7).

Dan terakhir adalah juara III lomba LKTI Universitas Udayana yang diraih siswa Vienna Wyanet Paulus (XI/MIPA 1), Ratna Sida Husnul Khotimah (XI/MIPA 1), dan Putu Mahesa Putri (XI/MIPA 1) pada 26 Juni 2022. *cr78

Komentar