nusabali

Krama Langkan Gelar Karya Ngenteg Linggih

  • www.nusabali.com-krama-langkan-gelar-karya-ngenteg-linggih

Krama Desa Pakraman Langkan, Desa Landih, Kecamatan Bangli, Bangli, menggelar Karya Mendem Pedagingan dan Ngenteg Linggih, Wrespati Wage Sungsang, Kamis (30/3) di Pura Dalem Pingit.

BANGLI, NusaBali
Karya ini setelah rampungnya pemugaran enam palinggih dan pembangunan tembok panyengker pada pura setempat.

Bendesa Pakraman Langkan I Wayan Sudarsa mengatakan, Karya Mendem Pedagingan dan Ngenteg Linggih bermakna penyucian bangunan palinggih maupun bangunan pura sebagai lingga atau stana suci Ida Bathara-bhatari. ‘’Sekaligus ngrestitiang (mendoakan) dan memohon kerahayuan jagat, agar masyarakat maupun warga Desa Pakraman Langkan dianugerahi keselamatan dan kententraman,’’ucap Sudarsa.

Rangkaian karya diawali  pada Redite Umanis Waregadian, Minggu (12 /3), Matur Piuning, Nanceb Rompok dan Macaru Karang. Makarya jajan suci, sampai nunas tirta pakuluh (mohon air suci) dan Melasti. Nyineb pada Redite Paing Dunggulan, Minggu (2/4). ‘’Biaya pembangunan berasal dari urunan krama dan donatur atau dana punia,’’ jelas Sudarsa. Desa Pakraman Langkan terdiri dari 94 KK.

Pada Puncak Karya, selain dihadiri krama pangempon dan warga lainnya, juga Bupati Bangli I Made Gianyar, Camat Bangli I Wayan Wardana, Ketua PHDI Bangli I Nyoman Sukra dan tokoh lainnya. Puncak Karya juga dirangkai dengan penandatanganan Prasasti Pura Dalem Pingit oleh Bupati Made Gianyar, dan diakhiri dengan  persembahyangan bersama. *k17

loading...

Komentar