nusabali

Kornelis Pensiun dari Tinju Amatir

  • www.nusabali.com-kornelis-pensiun-dari-tinju-amatir

JAKARTA, NusaBali
SEA Games 2021 Vietnam menjadi kiprah terakhir Kornelis Kwangu Langu di dunia tinju amatir.

Peraih medali emas kelas 49 kg SEA Games 2015 Singapura ini memutuskan pensiun dan berencana melanjutkan ke tinju profesional dan menjadi asisten pelatih. "Saya saat ini tidak di Pelatnas lagi. Saya pensiun dari tinju amatir," ujar Kornelis, Rabu (29/6).

Dengan pensiun dari tinju amatir, Kornelis tidak mengikuti persiapan ke Islamic Solidarity Games (ISG) maupun SEA Games 2023 di Kamboja. Pertimbangan petinju kelahiran Waingapu, Sumba Timur itu, pensiun dari tinju amatir karena faktor usia. Sebab pada Agustus nanti, Kornelis berusia 32 tahun, karena dia dilahirkan pada 3 Agustus 1990.

Saatnya memberi kesempatan kepada generasi muda untuk mengikuti pembinaan agar karirnya panjang di tinju amatir. Apalagi Kornelis sudah tiga kali membela Bali pada PON dan lima kali memperkuat tim Indonesia di arena SEA Games.

Kornelis tampil di SEA Games 2013 Myanmar, SEA Games 2015 Singapura, SEA Games 2017 Malaysia, SEA Games 2019 Filipina dan SEA Games 2021 Vietnam. Dia juga tampil di Asian Games 2014 Korea Selatan dan Asian Games 2018 Indonesia.

"Jadi saatnya memberi peluang kepada para junior agar mereka lebih panjang berkarir di tinju amatir. Sedangkan saya tidak cocok lagi mengikuti Pelatnas," kata Kornelis, yang juga suami Friskanty Ompusunggu.

Apalagi, kata Kornelis, jika di Pelatnas harus meninggalkan keluarga . Karena itu, ayah dari Gailbart Golovkin Langu dan Jorge Jericho Muara Langu ini akan melanjutkan ke dunia tinju profesional agar lebih mandiri. Selain itu, dia menjadi asisten pelatih yang menangani petinju Denpasar untuk Porprov Bali 2022, serta asisten pelatih petinju Bali. Pelatih utamanya Gung De, yang tak lain anak mantan petinju Bali dan pelatih nasional I Gusti Made Adi Swandana.

"Saya asisten pelatih Gung De. Kami menangani petinju Bali agar masuk ke tingkat nasional," ucap Kornelis. Menurut Kornelis, banyak petinju Bali memiliki kans masuk Pelatnas. Bahkan, dia menargetkan dua petinju asal Pulau Dewata tembus Pelatnas dalam waktu dekat. Salah satunya Cakti Dwi Putra di kelas 75 kg. *k22

Komentar