nusabali

Surya Sewana Jadi Ajang Pemanasan Sebelum Sanfest 2022

  • www.nusabali.com-surya-sewana-jadi-ajang-pemanasan-sebelum-sanfest-2022

DENPASAR, NusaBali.com - Pergelaran musik, pertunjukan budaya, bazaar culinary, fashion show, sunrise yoga, creative art, talkshow, dan art exhibition, bakal digelar di Sanur, 1-3 Juli 2022.  Berbagai acara ini menjadi sajian Surya Sewana yang dimaksudkan sebagai pemanasan sebelum digelarnya kembali Sanur Village Festival (SVF) atau Sanfest.

"Setelah dua tahun tidak digelar, tahun ini Sanfest akan digelar lagi pada 17-21 Agustus mendatang. Tapi sebelum acara puncak tersebut, kami lebih dulu menggelar Surya Sewana Road to Sanfest 2022,” kata Ketua Sanfest 2022, Ida Bagus Gede Sidharta Putra, Rabu (29/6/2022).

Surya Sewana yang digelar di Kebun Terbuka Griya Santrian Resort Sanur merupakan bentuk rasa syukur atas pulihnya kembali denyut nadi kehidupan pariwisata di Bali dan hadirnya kembali aktivitas kreatif masyarakat. 

“Surya Sewana menjadi tema. Karena  setiap pagi ada sebuah ritual sulinggih/pendeta terutama dari Sanur menyambut dengan Puja Surya Sewana, menyambut matahari, menyambut kehidupan. Spirit ini yang kita ambil,” terang Gusde, sapaan akrab Ida Bagus Gede Sidharta Putra.

Secara geografis, posisi Saur pun memungkinkan sebagai lokasi yang melihat sunrise pertama di pagi hari. Pesan yang disampaikan, lanjut Gusde, adalah kehidupan yang mulai kembali lagi (pasca badai Covid-19). Sang sinar mulai menyinari lagi. 

“Kita merespons dengan baik. Bekerja, berkarya,” kata putra mendiang Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung yang dikenal sebagai pioner pariwisata Sanur ini.

Road to Sanfest 2022 sendiri sudah dimulai pada Rabu (29/6/2022) malam dengan pameran lukisan ‘Pijar Berpendar’ di Griya Santrian Gallery hingga dua bulan ke depan. Selain itu ada dua mata acara yangmenjadi bagian dari Sanfest bagi para penghobi otomotif dan olahraga lari yakni Sanur Motor Show di Pantai Mertasari 8-10 Juli 2022 serta Night Light Fun Run pada 6 Agustus 2022.

“Surya Sewana Road to Sanfest 2022 diharapkan dapat mengobati kerinduan pengunjung yang sempat terhenti dua tahun karena pandemi Covid-19 seraya menunggu acara puncak Sanfest pada Agustus 2022 mendatang,” ujar Gusde.

Deretan pendukung acara yang telah siap meramaikan Surya Sewana di antaranya, Balawan, Sandhy Sondoro, Pongki Barata, Crazy Horse, Allien Child, Bali Bosa Band, Astera, Sound of Mirror, Jampiro Band, Gus Agung Gotama, Soulfood, dan penampil lainnya.

Menurut Gusde untuk memaknai spirit Surya Sewana yang merupakan ritual menyambut mentari pagi dalam lantunan doa dan mantra, keluarga besar yoga asanas Seger Oger akan menggelar yoga massal di tepi Pantai Griya Santrian Resort pada 3 Juli 2022.

Sedikitnya 500-an peserta yoga yang akan turut serta memaknai Surya Sewana melalui gerakan-gerakan asanas surya namaskara di tepi pantai.

Setelah yoga di pagi hari, pengunjung bisa menikmati berbagai acara fun bernuansa Sunday Market Sewana Surya di venue utama Kebun Terbuka Griya Santrian Resort.

Beragam aktivitas permainan anak-anak, kuliner, sayur dan buah segar, bunga, dan aneka hiburan akan memanjakan pengunjung sambil menikmati paginya Pantai Sanur.

“Surya Sewana Road to Sanfest 2022 adalah penyemangat bagi komponen SVF untuk meng-install ulang serta mengikat spirit kembali untuk menggelar hajatan akbar SVF pada Agustus 2022. Seperti diketahui Sanfest 2022 juga masuk dalam agenda Kaharisma Event Nusantara 2022 Kemenparekraf,” tambah Gusde.

 

Komentar