nusabali

Kursi Ketua Bawaslu Tabanan Segara Terisi

Kemarin Bawaslu RI Verifikasi Calon PAW

  • www.nusabali.com-kursi-ketua-bawaslu-tabanan-segara-terisi

TABANAN, NusaBali
Kursi Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan yang ditinggal almarhum  I Made Rumada akan segara terisi.

Anggota Bawaslu RI Herwyn Jefler H Malonda melakukan verifikasi  PAW (Pergantian Antarwaktu) untuk pengisian kursi Anggota Bawaslu Tabanan di Kantor Bawaslu Tabanan, Selasa (28/6) sore.

Herwyn Malonda didampingi Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Aryani, Anggota Bawaslu Bali, I Wayan Wirka, I Ketut Rudia, Kepala Sekretariat Bawaslu Bali, Ida Bagus Putu Adinatha, Plh Ketua Bawaslu Tabanan I Putu Gede Suarnata, Anggota Bawaslu Tabanan, I Ketut Narta. Kehadiran Bawaslu RI di Tabanan selain verifikasi calon PAW, juga dalam rangka kesiapan Bawaslu Tabanan mengawal pelaksanaan Pemilu 2024.

Herwyn Malonda mengatakan, kunjungan ke Tabanan untuk memotivasi Anggota Bawaslu Tabanan terkait kesiapan Pemilu 2024. Kata dia, Bawaslu harus mempersiapkan segala hal, terutama tahapan verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024. “Tujuan utama kita untuk verifikasi berkas terkait PAW, juga sekaligus memotivasi kawan-kawan di Bawaslu Tabanan menghadapi verifikasi parpol,” jelas Herwyn.

Terkait verifikasi calon PAW Anggota Bawaslu Tabanan, Herwyn Malonda mengatakan tak hanya di Tabanan saja, melainkan dilakukan di delapan daerah di Indonesia. “Mudah-mudahan verifikasi ini segera selesai, sehingga bulan depan (Juli 2022,red) sudah bisa dilakukan pelantikan,” tegas Herwyn Malonda.

Untuk pengawasan Pemilu 2024, Herwyn Malonda meminta Bawaslu Tabanan menguatkan kapasitas. Menurut dia, selama ini dari segi pengawasan Pemilu yang menjadikan khawatir adalah politik uang dan netralitas ASN. “Untuk itu  siapkan rasa solidaritas, kapasitas ditingkatkan,” ujar Herwyn Malonda.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani dalam kunjungan tersebut juga menyampaikan, kinerja Bawaslu Kabupaten Tabanan dalam tahapan pengawasan pemilu dan pemilihan tahun 2019 telah maksimal. Terbukti tidak adanya permasalahan yang krusial selama tahapan yang berjalan.

“Jajaran Bawaslu Tabanan selama pelaksanaan pengawasan Pemilu telah melaksanakan fungsi dengan baik, sehingga tidak ada permasalahan yang krusial, yang tentunya juga tidak terlepas dari pantauan dan arahan dari Bawaslu Provinsi Bali.” ujar Ariyani.

Sementara Plh Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Gede Putu Suarnata berharap dengan hadirnya Anggota Bawaslu Republik Indonesia, bisa memberikan arahan serta motivasi kepada jajaran Bawaslu Tabanan terkait dengan tugas dan fungsi pengawasan pada Pemilu serentak tahun 2024 mendatang. “Dengan telah dimulainya tahapan Pemilu 2024, kehadiran anggota Bawaslu RI bisa memberikan stimulus kinerja pada jajaran Bawaslu Tabanan untuk menjalankan fungsi pengawasan yang lebih baik kedepan,” ujar Suarnata. *des

Komentar