nusabali

Bupati Sanjaya Berikan Kuliah Umum Mahasiswa KKN Nusantara

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-berikan-kuliah-umum-mahasiswa-kkn-nusantara

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya berikan kuliah umum kepada mahasiswa UHN I Gusti Bagus Sugriwa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Tabanan, Senin (27/6).

Dalam kuliah umum di Gedung Kesenian I Ketut Maria yang dimulai pukul 09.00 Wita diikuti 586 mahasiswa UHN I Gusti Bagus Sugriwa dan 22 mahasiwa muslim dari UIN (Universitas Islam Negeri), sesuai dengan tema KKN Nusantara.

"Saya selaku Bupati Tabanan merasa berbahagia dan terhormat karena membuka KKN Nusantara yang pertama kali digelar kolaborasi antara mahasiswa Hindu dan Islam. Saya lihat ini sangat luar biasa sekali apalagi di seantero Nusantara," jelasnya.

Sanjaya menyebut kuliah umum yang diberikan ini terkait moderasi beragama. Moderasi beragama dapat terlihat melalui beberapa indikator seperti adanya komitmen kebangsaan yang kuat, sikap toleran terhadap sesama. "Serta memiliki prinsip menolak tindak kekerasan baik secara fisik maupun verbal serta menghargai tradisi dan budaya lokal masyarakat Indonesia yang beragam," jelasnya.

Untuk itu dia berpesan kepada seluruh mahasiswa, untuk mengembangkan ilmu agar semakin kreatif dan inovatif. Sehingga, dapat memberikan kontribusi positif bagi percepatan dan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia pedesaan untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Saya juga berharap untuk selalu tingkatkan toleransi dan harmonisasi antar umat juga menjadi momentum dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara," pesan Bupati Sanjaya. *des

Komentar