nusabali

Wasit Internasional Jadi TD Kabaddi

  • www.nusabali.com-wasit-internasional-jadi-td-kabaddi

Redi Utama punya pengalaman sebagai wasit internasional berbagai even dunia. Diantaranya, wasit Pro Kabaddi di India, Bangladesh, Thailand, Malaysia, Korea Selatan, dan lainnya.

DENPASAR, NusaBali

Salah satu wasit internasional, I Made Bang Redi Utama diputuskan menjadi Technical Delegate (TD) cabang olahraga kabaddi pada Porprov Bali XV/2022. Selain Redi Utama, Pengprov FOKSI Bali tetap menyiapkan pelatih kabaddi Klungkung, Rizky Hadinata juga ikut sebagai TD Porprov cabor Kabaddi.

Menurut Ketua Harian Kabaddi Bali, Maryoto Subekti di Denpasar, pada Senin (27/6), pihak TD diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik dan profesional. Selain itu, juga mengacu aturan main yang telah ditentukan, seperti mengatur pelaksanaan pertandingan, menyiapkan tempat, dan sarana pendukung lainnya. Termasuk mampu menterjemahkan dan memahami Technical Handbook (THB) dan taat aturan KONI Bali.

Selain itu, kata Maryoto, TD juga  mengkoordinasikan kelengkapan agar pertandingan kabaddi bisa berjalan sukses dan lancar. Dia juga mengharapkan TD dapat berkoordinasi dengan koordinator wilayah di tempat bertanding, dimana cabor kabaddi akan dipertandingkan di GOR Lila Bhuana, Denpasar.

Maryoto Subekti memiliki keyakinan tanggung jawab sebagai TD akan dilaksanakan secara maksimal, mengingat Redi Utama telah berpengalaman menjalankan kepercayaan tersebut.

Redi Utama berpengalaman sebagai TD Porprov Bali XIV/2019 lalu di Kabupaten Tabanan, dan TD PON XX/2020 Papua yang digulirkan November 2021 lalu.

"Saya harap nomor-nomor yang ada di THB terlaksana dengan baik," harap Maryoto Subekti, yang juga Waketum KONI Bali .

Sementara itu Ketua Harian Kabaddi Badung, I Kadek Sudharma Hariawan mengapresiasi penunjukan Bang Redi Utama sebagai TD Porprov Bali XV 2022. Sebab, kata dia, sosok Bang Redi punya pengalaman sebagai wasit internasional di berbagai even dunia. Diantaranya, jadi wasit Pro Kabaddi di India, Bangladesh, Thailand, Malaysia, Korea Selatan, dan lainnya.

"Pengalaman itu menjadi tolak ukur punya kemampuan memahami aturan main kabaddi sesuai regulasi internasional," tegas Sudharma Hariawan.

Karena itulah, Sudharma Hariawan optimistis penunjukan TD yang berkualitas dan profesional akan berimbas pada kelancaran pertandingan kabaddi .

Sementara itu Federasi Olahraga Kabbadi Seluruh Indonesia (FOKSI Bali) akan mempertandingkan 8 nomor pada Porprov nanti, setelah ada tambahan 2 nomor yakni best on three putra dan putri. Selain nomor indoor putra dan putri, seven for five putra dan putri, serta super five putra dan putri. Sebelumnya pada Porprov Bali di Kabupaten Tabanan hanya memperebutkan 6 medali emas.

Jadi, kata Sudharma Hariawan, praktis dengan tambahan dua nomor kali ini menjadi 8 medali emas pada Porprov Bali XV 2022. Semua nomor yang dipertandingan pada Porprov Bali 2022 ini akan dipertandingkan pada PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utata, sesuai ketentuan AKF (Asian Kabaddi Federation), dan nomor tersebut akan dipertandingkan pada SEA Games tahun 2025 di Thailand. *dek

Komentar