nusabali

Bulan Bung Karno, BBB Jembrana Mareresik Sampah Plastik di Sungai Taman

  • www.nusabali.com-bulan-bung-karno-bbb-jembrana-mareresik-sampah-plastik-di-sungai-taman
  • www.nusabali.com-bulan-bung-karno-bbb-jembrana-mareresik-sampah-plastik-di-sungai-taman

NEGARA, NusaBali
Dalam rangka Bulan Bung Karno, sejumlah anak muda yang tergabung dalam komunitas Bersih-Bersih Bali (BBB) Jembrana menggelar gerakan mareresik (bersih-bersih) sampah plastik di Sungai Taman, Lingkungan/Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, Minggu (26/6) pagi.

Di samping bersih-bersih sampah plastik, sejumlah anak muda ini juga membagikan nasi bungkus dan sayur gratis di jalan.

Kegiatan bersih-bersih dengan melibatkan 10 orang anak muda tersebut, digelar mulai sekitar pukul 09.00 hingga 10.30 Wita. Mereka turun melakukan bersih-bersih di Sungai Taman di sebelah utara Lapangan Umum Dauhwaru hingga di sebelah timur SMPN 1 Negara. “Memang kebanyakan anggota kami anak-anak muda. Salah satu program kami adalah kepedulian terhadap kebersihan lingkungan,” ujar leader BBB Jembrana I Gusti Agung Ngurah Ari Kurniawan alias Gung Ari, 35.

Dari kegiatan mareresik kemarin, kata Gung Ari, terkumpul sekitar 5 karung sampah plastik. Sampah yang terkumpul selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan sementara (TPS) yang ada di Kelurahan Dauhwaru, Jembrana. “Sebenarnya bersih-bersih sampah plastik ini rutin kami lakukan tiap bulan. Biasa turun ke sungai maupun bersih-bersih di pantai. Kebetulan bulan ini, kami laksanakan serangkaian dengan peringatan Bulan Bung Karno,” ucap Gung Ari dari Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana.

Setelah bersih-bersih sampah plastik, komunitas BBB Jembrana ini juga membagikan nasi bungkus dan sayur yang dipusatkan di simpang empat traffic light Pos Polantas Batuagung, Kecamatan Jembrana. Total ada 50 paket nasi bungkus serta sayur yang dibagikan kepada masyarakat ataupun pengguna jalan di lokasi sekitar. “Kegiatan berbagai ini kami lakukan secara swadaya. Kami kumpulkan donasi dari teman-teman,” ucap Gung Ari. *ode

Komentar