nusabali

Indonesia Marathon di Bali Diikuti 3.500 Peserta

  • www.nusabali.com-indonesia-marathon-di-bali-diikuti-3500-peserta

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 3.500 peserta dari 15 negara ambil bagian menyemarakkan Indonesia International Marathon di Bali, pada Minggu (26/6).

Start dimulai pukul 04.30 Wita dan finish pukul 10.30 Wita di depan Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan. Sedangkan empat nomor yang dilombakan, yakni Marathon 42 km, Half Marathon 21 km, 10K dan 5K dengan total hadiah Rp 2 miliar lebih.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal KONI Pusat TB Lukman Djajadikusuma, didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardhana Sukawati, Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Harfendi, Race Direktur Indonesia International Marathon 2022, Riena Tambunan, Direktur Startegi Bisnis Hotel Indonesia Natour, Christine Hutabarat, Organizing Comitte, Made Cakra Adi dalam sesi jumpa pers,
Jumat (24/6) sore.

Rute yang dilalui, usai start dari depan Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur, By Pas Ngurah Rai, Patung Dewa Ruci,  Kuta Scuare,  Pantai Kuta, Pantai Seminyak, Jalan Sunset Road,  Jalan By Pas Ngurah Rai, lalu Finish kembali di depan Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur, Denpasar.

Sekretaris Jenderal KONI Pusat TB Lukman Djajadikusuma mengatakan peserta dari luar negeri, diantaranya dari Jepang, Kenya, Belanda, Amerika Serikat, Belgia, Kanada, Swedia, Inggris, Spanyol, dan Korea Selatan.  Menurutnya, lomba tersebut wujud sport tourism untuk mendatangkan wisatawan di bidang olahraga. Harapannya, event ini menjadi momentum kebangkitan olahraga di Indonesia, setelah vacum hampir dua tahun.

"Semoga ini menjadi kebangkitan pariwisata di Bali, dengan total Rp 2 miliar lebih kita sediakan," kata Lukman Djajadikusuma. Sementara Tjokorda Artha Ardhana Sukawati mengakui event marathon tersebut pertama kali di Indonesia dan langsung di Bali. Menurut Cok Ace, dengan digelarnya di Bali akan menjadi magnet tersendiri bagi peserta nasional dan internasional. Cok Ace menambahkan dengan event ini dunia akan bisa melihat Bali lebih dekat lagi.  Mantan Bupati Gianyar itu menegaskan, dari pengalaman sebelumnya selalu berjalan sukses dan lancar.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif untuk pariwisata di Bali," harap Cok Ace. Sedangkan Race Direktur Indonesia International Marathon 2022, Riena Tambunan mengakui persiapan cukup lama untuk mensukseskan Indonesia International Marathon. Meskipun dari segi jumlah masih jauh jika gelaran standar internasional, sehingga banyak hal yang harus dikoordinasikan untuk memenuhi standar tersebut.

Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Harfendi mengaku sangat berbangga kegiatan Indonesia International bisa dilaksanakan di Bali. Pihak Kodam XIX Udayana juga menurunkan 500 pelari untuk ikut mensukseskan kegiatan ini. *dek

Komentar