nusabali

SMAN 1 Dawan Wajib Terima Siswa dari Karangsem

  • www.nusabali.com-sman-1-dawan-wajib-terima-siswa-dari-karangsem

SEMARAPURA, NusaBali
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Klungkung dimulai Rabu (22/6).

Pendaftaran siswa lewat jalur zonasi sudah dipetakan per masing - masing kecamatan, termasuk di wilayah perbatasan kabupaten. Seperti yang untuk di SMAN 1 Dawan, Klungkung, yang notabene berada di wilayah perbatasan dengan Karangasem.

Sesuai pemetaan lewat jalur zonasi di SMAN 1 Dawan, meliputi tiga kecamatan yakni Kecamatan Dawan, Klungkung, Kecamatan Sidemen dan Kecamatan Manggis, Karangasem. Pantauan di lapangan Jumat (24/6), beberapa siswa terlihat sibuk mengurus pendaftaran di SMAN 1 Dawan. Walaupun pendaftaran dilakukan secara online, pihak sekolah tetap mendirikan posko untuk melayani siswa yang akan mendaftar dengan datang langsung ke sekolah.

Kepala SMAN 1 Dawan I Ketut Langkir mengatakan sistem PPDB tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Yakni, lewat jalur zonasi masih 50 persen, jalur perpindahan tugas orangtua 5 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur prestasi 30 persen. Selain itu sekolah juga menerima siswa inklusi. PPDB di SMAN 1 Dawan ini mewilayahi zonasi dari 1 kecamatan di Kabupaten Klungkung, dan 2 kecamatan dari Kabupaten Karangasem. "Untuk kapasitas sekolah ini 360 siswa baru dengan 10 rombel," imbuh Langkir.

Sementara itu, SMAN 1 Semarapura juga membuka posko PPDB untuk membantu siswa saat pendaftaran agar tak mengalami kendala. Antara lain, jaringan internet, atau kuota habis. Waka Kesiswaan SMAN 1 Semarapura I Kadek Putrawan mengatakan untuk di SMAN 1 Semarapura, jumlah siswa diterima untuk PPDB tahun ini yakni 360 siswa dalam 9 kelas.

Seperti pengalaman tahun sebelumnya, diprediksi pendaftaran siswa di SMAN 1 Semarapura akan cukup tinggi atau melebihi kuota. Sehingga pasti ada siswa yang tercecer. "Dengan sistem saat ini, bagi yang tidak diterima di sekolah negeri, bisa bersekolah di swasta," ujar Putrawan. *wan

Komentar