nusabali

Satpolairud Kembali Amankan Telur Penyu

  • www.nusabali.com-satpolairud-kembali-amankan-telur-penyu

GIANYAR, NusaBali
Personil Satpolairud Polres Gianyar bersama pemancing kembali mengamankan telur penyu di Pantai Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar.

Keberadaan telur penyu  ini mulanya dilaporkan kepada aparat oleh pemancing, Kamis (23/6) sekitar Pukul 10.00 Wita. Kasat Polairud AKP I Wayan Antariksawan SH mengatakan pemancing sekaligus pemerhati dan pecinta Penyu yang menemukan di antaranya, I Gusti Ngurah Gede,52, dari Banjar Siyut, Desa Tulikup, Gianyar, dan I Made Koling Winada,49, nelayan asal Banjar Kajakauh, Desa Tulikup. "Sekitar pukul 09.30 Wita, telah ditemukan tempat yang diduga sarang penyu yang bertelur dipinggir pantai Siyut," jelas Antariksawan.

Dugaan adanya telur penyu dilihat dari sekitar tempat tersebut terdapat jejak kaki penyu/sayap. "Kemudian pemancing menginfokan ke anggota Satpolairud Polres Gianyar untuk dilakukan penggalian," jelasnya.

Setelah dilakukan penggalian ternyata benar ditemukan telur penyu sebanyak 108 butir. Selanjutnya pukul 11.00 Wita dipindahkan kepenangkaran swadaya yang berada dipantai Siyut. Pemindahan telur dilakukan agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertangguang jawab dan pemangsa seperti anjing liar, biawak dan sejenisnya. *nvi

Komentar