nusabali

Buleleng Berangkatkan 44 Calon Jemaah Haji

  • www.nusabali.com-buleleng-berangkatkan-44-calon-jemaah-haji

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Buleleng diberangkatkan Kamis (23/6) subuh.

Sebanyak 44 orang CJH dilepas langsung oleh Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra dari Kantor Agama Kabupaten Buleleng, menuju embarkasi Surabaya.

Kepala Kantor Agama Kabupaten Buleleng I Made Subawa memaparkan pemberangkatan CJH tahun ini hanya 50 persennya saja. Padahal di Buleleng ada 80 orang CJH yang siap diberangkatkan. “Karena masih dalam transisi Covid-19, kebijakan pemerintah Arab Saudi hanya mengizinkan 50 persen kuota haji pada tahun ini. Protokol kesehatannya sangat dijaga dan masih ketat juga,” kata Subawa.  

Menurutnya puluhan calon haji yang diberangkatkan tahun ini merupakan kloter 29 SUB Tahun 1443 H/2022. Mereka setidaknya telah masuk sebagai daftar tunggu kurang lebih 26 tahun. Daftar tunggu pun cukup lama, dikarenakan kuota keberangkatan sangat terbatas.

Sementara itu Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra saat melepas calon jemaah haji ikut berbahagia karena pemberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci kembali dapat dilakukan. Pasca dua tahun pandemi Covid-19 mencekam dan membatasi aktivitas masyarakat dunia.

Wabup yang juga seorang dokter ini juga berpesan untuk tetap menjaga stamina dan kesehatannya selama di tanah suci. Seluruh jemaah pun disarankan untuk rutin mengkonsumsi vitamin dan banyak minum air putih.

“Harapan kami, seluruh CJH tetap menjaga kesehatan dan stamina selama menjalankan ibadah haji. Karena di Timur Tengah dan Eropa sedang ada gelombang panas yang luar biasa. Minum air putih minimal 2 liter per hari agar tetap terhidrasi,” ucap Sutjidra. *k23

Komentar