nusabali

Zonasi SMAN 2 Bangli Meliputi Empat Kecamatan

  • www.nusabali.com-zonasi-sman-2-bangli-meliputi-empat-kecamatan

BANGLI, NusaBali
Zonasi SMAN 2 Bangli meliputi empat kecamatan se-Bangli. Zonasi tidak hanya radius terdekat dari sekolah, tetapi cakupan kecamatan dan kabupaten.

Banyak calon siswa menganggap zonasi pendaftaran SMA sama dengan SMP. Pada PPDB SMA, zonasi yang digunakan tidak berdasarkan radius ataupun banjar. Kekurangpahaman tentang zonasi berimbas pada jumlah pendaftaran di SMAN 2 Bangli.

Kasek SMAN 2 Bangli, I Gede Kariawan, mengungkapkan pada PPDB tahun ajaran 2021/2022, sebanyak 288 siswa yang mendaftar. Padahal kuota yang dibuka sebanyak 432 siswa terdiri dari 12 rombel. “Sebelum penerapan zonasi, saat pendaftaran calon siswa bisa mencapai 500 orang. Setelah penerapan zonasi, kuota tidak pernah full,” ungkap Gede Kariawan, Kamis (23/6). Gede Kariawan mengaku sudah melakukan sosialisasi tentang zonasi. Harapannya, para siswa punya referensi memilih sekolah.

Kasek SMAN 1 Kintamani, I Ketut Ada, mengatakan zonasi PPDB SMAN 1 Kintamani meliputi dua kabupaten yakni Bangli dan Gianyar. Kabupaten Bangli meliputi Kecamatan Kintamani dan Kecamatan Bangli. Sementara di Kabupaten Gianyar meliputi Kecamatan Payangan dan Kecamatan Tegalalang. Menurut Ketut Ada, kebanyakan calon siswa memilih satu sekolah saja. “Calon siswa bisa memilih dua sekolah,” beber Ketut Ada. Tahun ajaran 2022/2023, kuota maksimal di SMAN 1 Kintamani sebanyak 360 siswa terdiri dari 10 rombel. *esa

Komentar