nusabali

Bangun PLTS di Nusa Penida, PLN Harap Dukungan Masyarakat

  • www.nusabali.com-bangun-plts-di-nusa-penida-pln-harap-dukungan-masyarakat
  • www.nusabali.com-bangun-plts-di-nusa-penida-pln-harap-dukungan-masyarakat

SEMARAPURA, NusaBali
PT Indonesia Power (IP) selaku investor membangun  proyek pembangunan pembangkit listrik 3,5 mega watt (MW) dengan energi terbarukan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Lokasi proyek di Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tengah dikebut. Pihak PT PI pun mohon dukungan untuk kelancaran proyek tersebut. Proyek PLTS itu ditarget rampung pada Oktober 2022. Tujuannya, menambah kapasitas listrik di Nusa Penida. Progress pembanunan PLTS tersebut juga dipaparkan oleh pihak PT IP Martin, saat menggelar audiensi dengan Bupati Klungkung I Nyoman Suwitra, di Kantor Bupati Klungkung, Rabu (22/6). "Pembangunan PLTS saat ini 40 persen material sudah di lokasi pembangunan. Pondasi juga sedang dikerjakan dengan target pertengahan Juli 2022 material yang sudah ada akan selesai dipasang," ujar Martin.


Untuk itu PT IP mohon dukungan dan fasilitasi untuk kelancaran transportasi bahan pembangunan PLTS yang dilaksanakan di Nusa Penida agar dapat selesai tepat waktu.

Diharapkan melalui PLTS ini dapat memperkuat daya listrik di Nusa Penida, di mana untuk kapasitas daya listrik di Nusa Penida saat mencapai 10 MW dengan menggunakan 7 unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Sedangkan, pemakaian listrik saat puncak kunjungan wisatawan sebelum pandemi Covid-19 atau 2019 mencapai 9,8 MW.

Bupati Suwitra menyambut baik pembangunan PLTS tersebut dan berharap agar bisa segera selesai. “Semoga pembangunan proyek PLTS ini dapat segera dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat Nusa Penida," harap Bupati Suwirta.

Terpisah, Manager PLN Klungkung Komang Tria Aprianta, mengatakan pembangunan PLTS ini sudah direncanakan sejak 2019 lalu. Proyek ini dengan menimbang kebutuhan listrik dan program penambahan daya listrik dengan energi terbarukan. Namun, akibat terjadi pengurangan pemakaian listrik karena pandemi,  maka pembangunan PLTS itu ditunda. Kemudian melihat melandainya Covid-19 dan dibuka kembali pariwisata, maka PLTS itu kini dilanjutkan. "Target, proyek listrik ini beroperasi Oktober 2022," kata Komang Tria. *wan

Komentar