nusabali

9 Cabor Digelar Sebelum Pembukaan Porprov

  • www.nusabali.com-9-cabor-digelar-sebelum-pembukaan-porprov

Ada sejumlah faktor mengapa harus digelar mendahului, karena satu tempat dapat digunakan beberapa cabor, ada juga karena pelaksanaannya memakan waktu cukup panjang, seperti sepakbola, menembak, dan panjat tebing.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak Sembilan cabang olahraga (cabor) dipertandingkan sebelum upacara pembukaan Porprov Bali XV/2022 pada 20-27 November mendatang. Ke-10 cabor itu adalah taekwondo, bola basket 3X3, sepakbola dan futsal, pencak silat, menembak, tenis meja, panjat tebing, angkat berat, dan balap sepeda.

Ketua Bidang Prestasi (Binpres) KONI Bali, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka mengatakan, pertandingan di Porprov secara resmi mulai dilakukan sejak 20 November dan berjalan selama sepakan hingga 27 November. Namun dalam perjalanannya, sejumlah cabor memastikan waktu untuk bertanding lebih dari itu, dan mendahului upacara pembukaan Porprov.

"Ada sejumlah faktor berlangsung mendahului, karena satu tempat dapat digunakan beberapa cabor, ada juga karena waktu pelaksanaannya memakan waktu cukup panjang, seperti sepakbola, menembak, dan panjat tebing " kata Gung Cok, panggilan akrab Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, Rabu (22/6).

Menurut Gung Cok, pertimbangan lainnya digelar mendahului karena ada event nasional seperti Kejurnas yang akan diikuti cabor bersangkutan. Gung Cok menyebutkan, dari rancangan jadwal yang dibentuk, adalah taekwondo mulai digulirkan pada 17-21 November di GOR Mengwi Badung, lalu bola basket 3X3 mulai 17-19 November di GOR Purna Krida Kerobokan Badung. Nomor basket 3X3 digelar lebi dulu karena GOR tersebut juga digunakan nomor basket 5X5.

Selanjutnya sepak bola berlangsung sejak 14 - 26 November di Stadion Mengwi, Badung. Pelaksanaan sepak bola paling panjang hampir 13 hari dan jadwal langganan terpanjang setiap Porprov. Lalu pencak silat pada 17-26 November di GOR Yowana Mandala, Tembaga Denpasar. Lalu menembak di Lapangan Tembak Tohpati, Denpasar, dan tenis meja di GOR Kebo Iwa Gianyar, pada 16-19 November.

Gung Cok, yang juga Sekum Pengprov Kodrat Bali itu, menambahkan panjat tebing mulai 17-26 di seputaran GOR Gunung Agung Amlapura, angkat berat 17-19 di Balai Budaya Klungkung, dan balap sepeda MTB 18-19 November di Bedugul, Tab anan.

"Itu cabor yang dipertandingkan mendahului, yang jelas 20 November itu adalah pembukaan Porprov, semua pertandingan diliburkan, dan pertandingan di 42 cabor itu sudah dominan tuntas pada 26 November nanti, meskipun ada dipertandingkan hingga 27 November itu sudah final pagi hari," kata Gung Cok, Gung Cok yang juga Ketua Umum Cricket Bali.

Mantan caleg DPRD Bali Dapil Badung dari Partai Golkar itu menegaskan, cabor yang harus menuntaskan pertandingan hingga hari terakhir yakni cricket di Lapangan Bukit Jimbaran, Badung, sepak takraw di GOR Jineng Dalem Buleleng, selam laut di Pantai Lovina, Tenis Lapangan di Lapangan Buana Patra Buleleng, bulutangkis di GOR Ngurah Rai Denpasar, voli pasir di Pantai Sanur Denpasar Selatan, tarung derajat di GOR Kebo Iwa Gianyar, dan catur di SKB Klungkung. *dek

Komentar