nusabali

Ada G20, Bali Target 1,5 Juta Wisman

  • www.nusabali.com-ada-g20-bali-target-15-juta-wisman

JAKARTA, NusaBali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan kunjungan 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali di tengah kegiatan G20 pada November mendatang.

Sandiaga mengatakan secara nasional, ia menargetkan wisman yang datang ke Indonesia mencapai 3,6 juta hingga akhir 2022.

"Kita, untuk tahun ini untuk Bali 1,5 juta. Untuk nasional 3,6 juta sampai akhir tahun. Jadi, G20 adalah pemicu," kata Sandi, saat ditemui Nusa Dua, Kabupaten Badung Bali, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (21/6).

Dalam hal ini Sandiaga mengatakan dirinya tengah berdiskusi dengan pihak maskapai untuk meminta penambahan penerbangan ke Indonesia. Selain itu, masalah kenaikan harga tiket juga sedang dibahas olehnya.

Ia menyebutkan kunjungan wisman ke Bali hingga Juni 2022 sudah mencapai 330 ribu orang. Angka ini lebih tinggi lima kali lipat jika dibandingkan dengan kunjungan wisman pada 2021.

"Kita lagi review karena sampai 20 (Juni) per hari ini sudah mencapai 330 ribu wisman tapi kita harapkan di akhir tahun meningkat 1,5 juta. Dibandingkan tahun lalu, (jumlah ini) hampir lima kali lipat," imbuhnya.

Sementara itu, agar jumlah wisman ke Bali terus bertambah, Sandiaga mengaku akan mengupayakan penambahan jumlah penerbangan internasional dan meningkatkan kualitas destinasi.

"Kita harus tambah jumlah penerbangan. Kita harus tingkatkan kualitas destinasi, kita harus pastikan lama mereka tinggal. Dan, produk-produk ekonomi kreatif lokal UMKM ini, harus bisa menjadi peluang bagi mereka, dari segi lama mereka tinggal dan kualitas belanja mereka harus berdampak ke ekonomi lokal dan masyarakat," ujar Sandiaga. *

Komentar