nusabali

Kusam, Dishub Bersihkan Lampu Penjor

  • www.nusabali.com-kusam-dishub-bersihkan-lampu-penjor

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar telah mamasang lampu penerangan jalan (LPJ) berdesain mirip sejak satu setengah tahun lebih.

LPJ ini mulai kusam dan karatan. Bola-bola lampu putih itupun tampak dibersihkan, Senin (20/6). Kepala Dishub Gianyar I Wayan Suamba, saat dikonfirmasi, mengatakan pembersihan lampu tersebut selain pemeliharaan rutin, juga jelang perhelatan internasional yakni Piala Dunia U20. Seperti telah ditetapkan dan diketahui Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi salah satu venue perhelatan turnament sepakbola internasionl tersebut. “Kami bersihkan bagian tiang dan ornamen, menjelang perhelatan Piala Dunia,” ujar Suamba.

Suamba menjelaskan, pembersihan tersebut dilakukan menyeluruh mulai bagian tiang sampai lampu. Karena tiang dan lampu terpasang di halaman terbuka, terdapat kerak karatan dan debu yang menempel pada lampu. Sehingga warnanya pun cepat memudar. “Dicoba dulu untuk dibersihkan dari kerak dan debu, kalau gak bisa ya dicat ulang. Kalau bola lampu, chassingnya dibersihin dan dipasang ulang,” jelasnya.

Suamba menyebutkan semua lampu yang terpasang tersebut akan dibersihkan. Jumlahnya 85 tiang kembar yang berada di jalan Bypass Darma Giri dengan jumlah 340 bola lampu dan 145 tiang tunggal dengan 435 bola lampu di jalan raya Bitera, Jalan Ciung Wanara, dan Jalan Ngurah Rai. “Semua dilakukan pemeliharaan, kami gunakan mobil crane dan petugas Dishub dalam pembersihan ini,” ujarnya.

Terkait nilai anggaran pemeliharaan lampu tersebut,  Suamba belum bisa menyebutkan. Alasannya, pemeliharaan ini baru pertama dilakukan. Sehingga pihaknya memerlukan contoh dan belum bisa mengestimasikan berapa nilai untuk pemeliharaan satu lampu tersebut. “Sedang dihitung, untuk kali ini ambil contoh dulu. Rencana, nanti anggaran ini akan diplot dari anggaran rutin pemeliharaan PJU (penerangan jalan umum),” jelasnya. *nvi

Komentar