nusabali

Tiga Tim Basket Gianyar Ikuti Kejurkab Perbasi

  • www.nusabali.com-tiga-tim-basket-gianyar-ikuti-kejurkab-perbasi

GIANYAR, NusaBali
Sebanyak tiga tim bola basket mengikuti Kejurkab U-15 Perbasi Gianyar di GOR Kebo, Iwa Gianyar.

Ketiga tim itu, yakni Gianyar Muda, Cancer, dan Putra Mandala. Kejuaraan mulai dibuka pada Senin (20/6) oleh Ketua Harian KONI Gianyar, I Wayan Rutawan. Acara pembukaan juga dihadiri Ketua Pengkab Perbasi Gianyar, I Made Purwita.

Made Purwita mengatakan, pertandingan pada Kejurkab tahun ini sejatinya berjalan sejak Minggu (19/6). Karena masih hari raya Kuningan, upacara pembukaan baru dilakukan Senin. Sedangkan dilangsungkan sejak Minggu (19/6) - Rabu (22/6) atau selama empat hari.

Made Purwita yang mantan Sekretaris KONI Gianyar itu, mengatakan, Kejurkab digelar untuk proyeksi di Kejurprov pada awal Agustus nanti. Sebab, menurutnya, persyaratan ikut Kejurprov diwajibkan menggelar Kejurkab di tingkat Kabupaten.

Menurutnya, langkah itu regulasi PB Perbasi yang mewajibkan menggelar Kejurkab sebelum turun di ajang level lebih tinggi yakni Kejurprov. Jadi, semua persyaratan harus terpenuhi, karena Pengkab Perbasi Gianyar ingin ambil bagian di Kejurprov.

"Istilahnya kita berproses dari bawah dulu, itu sudah amanat dari PB Perbasi," kata Made Purwita, yang Sekretaris Pengprov Angkat Besi Bali.

Purwita menyebutkan, tiga tim yang ambil bagian adalah anggota klub basket di Pengkab Perbasi Gianyar. Kejurkab digelar sebagai komitmen memberikan kesempatan kepada pebasket muda potensial untuk unjuk gigi, sehingga akan diharapkan akan muncil atlet di Kejurkab ini.

"Selama ini Gianyar memang jadi gudangnya pebasket muda, hal itu sudah sering terbukti dari berbagai kejuaraan di Bali, termasuk di event nasional, banyak atlet dari Perbasi Gianyar aktif menjadi wakil Bali bahkan Indonesia," tegas Made Purwita.

Sementara itu dari sisi anggaran karena KONI Gianyar masih belum ada anggaran, pihaknya dibantu sponsor dari berbagai pihak di Gianyar. Sponsor juga datang dari kalangan pengurus yang peduli dengan cabor basket biar terus menggeliat.

"Ini kegiatan pertama kita setelah Pandemi Covid -19 berangsur - angsur melandai, semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk pebasket muda Gianyar yang turun di Kejurkab ini," harap Purwita.

Sementara Ketua Harian KONI Gianyar, I Wayan Rutawan dalam arahannya berharap lewat Kejurkab ini akan muncul bibit - bibit pebasket muda yang bisa diandalkan untuk Gianyar nantinya. Kata dia, dalam kondisi apapun pembinaan harus tetap dilakukan sebagai ajang regenerasi dan pembibitan atlet muda potensial.

"Semoga pebasket yang turun nanti jadi generasi selanjutnya untuk pebasket Gianyar yang jadi langganan Timnas membela merah putih di berbagai ajang internasional," harap Rutawan. *dek

Komentar