nusabali

Pemkab Jembrana Serahkan Punia Rp 190 Juta di Pura Agung Blambangan

  • www.nusabali.com-pemkab-jembrana-serahkan-punia-rp-190-juta-di-pura-agung-blambangan

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana melaksanakan bhakti penganyar serangkaian pujawali di Pura Agung Blambangan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, pada rahina Manis Kuningan, Radite Umanis Langkir, Minggu (19/6).

Adapun puncak pujawali di pura ini, dilaksanakan setiap 6 bulan sekali yang bertepatan tiap Hari Raya Kuningan. Rombongan bhakti penganyar ke Pura Agung Blambangan ini dipimpin langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup IGN Patriana Krisna didampingi Sekda I Made Budiasa. Dalam bhakti pengayar yang dipuput oleh Ida Bopo Giri Dharma Arsa dari Padepokan Purwo Santi Purwoharjo, persembahyangan berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Usai persembahyangan, Bupati Tamba menyerahkan secara simbolis punia sebesar Rp180 juta untuk pembangunan aula di pura setempat. Di samping punia untuk pembangunan aula, juga diserahkan punia sebesar Rp 10 juta untuk kegiatan pujawali.

Bupati Tamba mengatakan, bhakti pengayar ke Pura Agung Blambangan ini menjadi kewajiban Pemkab Jembrana untuk hadir setiap piodalan. Di mana untuk menghadiri rangkaian piodalan yang jatuh bertepatan dengan Hari Raya Kuningan, biasa diambil saat Umanis Kuningan.

"Astungkara, sembah bhakti ini sebagai wujud syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi yang berstana di Pura Agung Blambangan. Dengan tujuan memohon keselamatan dan kerahayuan bagi Pemkab Jembrana, masyarakat di Jembrana, Bali, dan umat pada umumnya," ucap Bupati Tamba.

Melalui punia yang diberikan Pemkab Jembrana, Bupati Tamba berharap pembangunan aula di Pura Blambangan ini bisa segera dieksekusi. Sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk kemaslahatan umat di Banyuwangi. "Kita tahu setiap perayaan Hari Raya Kuningan di Banyuwangi, berbagai kegiatan dipusatkan di Pura Agung Blambangan. Banyak sekali kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan serangkaian pujawali Ida Bhatara. Untuk itu, dengan keberadaan aula, nantinya semoga bisa dimanfaatkan umat dengan baik," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Sementara Ketua Panitia Pujawali Budi Wiriyanto, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Jembrana berserta seluruh rombongan untuk melaksanakan agenda rutin bhakti pengayar di pura terbesar di Kabupaten Banyuwangi ini. "Untuk informasi, perayaan Kuningan yang dipusatkan di Pura Blambangan tahun ini jauh lebih besar dan sangat meriah. Setelah dua tahun lamanya pasca pandemi Covid-19 kegiatan-kegiatan dibatasi, kini diberikan kelonggaran. Banyak umat hindu yang hadir untuk merayakan Hari Raya Kuningan. Puncak pujawali Ida Bhatara sudah dilangsungkan bertepatan Rahina Kuningan dan nyejer selama tiga hari sampai hari Selasa (21/6) dilaksanakan panyineban," ujarnya. *ode

Komentar