nusabali

Bupati Suwirta Hadiri Rakernas Apkasi 2022

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-hadiri-rakernas-apkasi-2022

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2022, dirangkaikan dengan HUT APKASI ke-22.

Acara berlangsung di Hotel Pullman Vimala Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/6). Rakernas dibuka langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan dihadiri oleh 416 bupati se-Indonesia atau yang memawikili. Dalam kesempatan itu, Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, mendapat apresiasi dari Menteri Dalam Negeri sebagai salah satu aksi pembangunan rendah karbon, pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) di sektor limbah.

Terkait dengan TOSS itu, Bupati Suwirta terus menyempurnakan sehingga TOSS ini kian pantas menjadi objek studi daerah lain dalam mengelola dan mengatasi masalah sampah.

Bupati berharap APKASI sebagai fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah pusat. Untuk memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerinitah daerah.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengatakan Apkasi telah menjadi mitra strategis pemerintah maupun lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah. Ada empat kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan tersebut, yaitu Mukernas, Turnamen Golf Charity Cup, pertandingan sepak bola persahabatan antara Tim Apkasi Pusat dengan Tim Pemkab Bogor, dan Pemilihan Putri Otonomi Daerah Tahun 2022. *wan

Komentar