nusabali

Piodalan Pura Penataran Pucak Tedung, Bupati Giri Prasta Sembahyang Bersama

  • www.nusabali.com-piodalan-pura-penataran-pucak-tedung-bupati-giri-prasta-sembahyang-bersama

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Puncak Piodalan Nyatur, Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Melaspas lan Rsi Gana, Medasar Caru Wraspati Kalpa di Pura Penataran Pucak Tedung, Desa Adat Kerta, Desa Petang, Kecamatan Petang, bertepatan saat Hari Raya Kuningan, Sabtu (18/6).

Dalam Kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan bantuan dari dana Pemkab sebesar Rp 225 juta dan secara pribadi membantu Rp 15 juta. Ketua Forgimala Badung Bima Nata, pada kesempatan tersebut juga membantu khusus pecalang Rp 10 juta untuk pembelian handy talky (HT).

Turut hadir mendampingi Bupati Giri Prasta anggota DPRD Badung I Gusti Lanang Umbara, I Gusti Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Kadisbud Badung I Gde Eka Sudarwitha, Plt Camat Petang I Gst Bagus Adi Parwata, Perbekel Desa Petang I Dewa Gede Usadi dan Ketua Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala) Kabupaten Badung Bima Nata.

Dalam sambrama wacananya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengucapkan rasa syukur kepada Ida Betara-Betari yang berstana di Pura Penataran Pucak Tedung, karena sudah diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan Upacara Upakara Piodalan Nyatur, Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, sehingga pelaksanaan upacara berjalan lancar.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Badung mendukung upacara ini. Di samping sebagai wujud peduli kita terhadap estetika Adat, agama, tradisi, seni dan budaya. Saya hadir di sini mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Adat Kerta duduk bersama untuk melaksanakan program-program yang ada di Desa Adat Kerta, yang akan saya fasilitasi,” ujar Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta juga mengajak agar seluruh krama Desa Adat Kerta bersatu, agar apa yang dilaksanakan bisa berjalan lancar. “Untuk pelaksanaan upacara ini saya harapkan krama selalu bersatu, agar apa yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan. Ini juga merupakan stiti bakti kita kepada Ida Betara leluhur,” katanya.

Sementara Itu Bendesa Adat Kerta I Wayan Gede Suwetra, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Murdaning Jagat Badung beserta undangan lainnya yang telah berkenan hadir di tengah-tengah krama Desa Adat Kerta yang melaksanakan Upacara Piodalan di Pura Penataran Pucak Tedung.

“Upacara ini terlaksana berkat dukungan dari krama melalui kesepakatan dalam Forum Desa Adat dan juga berkat bantuan dari Bapak Bupati Badung melalui Dinas Kebudayaan yang membantu dana sebesar Rp 225 juta dan juga bantuan dari Perbekel Desa Petang,” ucapnya. *ind

Komentar