nusabali

Komjen Golose Warning Wisman di Bali Tidak Coba-Coba Narkoba

  • www.nusabali.com-komjen-golose-warning-wisman-di-bali-tidak-coba-coba-narkoba

MANGUPURA, NusaBali.com - Wisatawan mancanegara yang berlibur di Bali mendapat warning agar tidak coba-coba menyalahgunakan narkotika.

Peringatan ini dilontarkan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose  saat membuka Turnamen Tenis Meja Internasional Smash on Drugs di Universitas Udayana,  Minggu (19/6/2022).

Mantan Kapolda Bali ini memperingatkan para turis, khususnya wisatawan mancanegara (wisman) bahwa Bali bukan tempat aman (safe haven) untuk menyalahgunakan narkotika.

Ditegaskan,pemerintah di seluruh daerah di Indonesia, khususnya Bali tidak menoleransi segala bentuk penyalahgunaan narkotika.

“Saya deklarasikan bahwa Bali bukan cuma the Island of Gods (Pulau Dewata), dan Island of Tolerance (tempat penuh toleransi), melainkan kami nyatakan Bali adalah Island of Zero Tolerance of Drug Abuse (pulau yang tidak menoleransi penyalahgunaan narkotika),” kata Petrus Golose.

Ia mengatakan peringatan itu perlu disampaikan karena Bali saat ini mulai kedatangan banyak wisatawan. Kunjungan itu menjadi momen yang rentan untuk peredaran narkotika.

“Saya ingatkan lagi, Bali tidak boleh setelah terbuka nanti, setelah sekarang dalam proses menerima turis, tidak boleh menjadi safe haven para penyalahguna narkotika ataupun drug traffickers (pengedar narkotika, red.),” kata dia.

Dalam pembukaan turnamen yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022, Golose menjelaskan peredaran narkotika terkait erat dengan kejahatan terorganisir (organized crime) dan organisasi kriminal lintas batas negara (transnational organized crime).

Golose menyampaikan pesan kepada mereka yang terlibat dengan kejahatan terorganisir lintas batas itu. “Saya memperingatkan para pengedar narkotika bahwa tidak ada toleransi bagi mereka jika ingin memperluas bisnis (narkotika) di Bali,” kata Golose.

Golose menyampaikan selama Peringatan Hari Antinarkotika Internasional 2022, BNN bakal mengajak seluruh warga, termasuk warga negara asing untuk bersama-sama memberantas narkotika.

Puncak kampanye itu, Golose menyebut bakal digelar di Pantai Mertasari Denpasar, pada 26 Juni 2022.

Di Pantai Mertasari, BNN bakal menggelar malam renungan sebagai wujud keprihatinan terhadap situasi peredaran narkotika di Indonesia dan dunia.

“Di Mertasari nanti saya mengundang para duta besa sehingga kami tunjukkan kepada dunia how serious (betapa serius) Indonesia (memberantas narkotika),” kata Golose. *ant

Komentar