nusabali

Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional Dipusatkan di Bali

  • www.nusabali.com-peringatan-hari-anti-narkoba-internasional-dipusatkan-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com - Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2022 di Indonesia bakal digelar terpusat di Bali yang rangkaiannya berlangsung pada Minggu (19/6/2022) dan puncaknya pada Senin (27/6/2022).

Peringatan HANI 2022 yang digelar oleh BNN itu juga diisi dengan kompetisi tenis meja internasional di Universitas Udayana, malam renungan di Pantai Mertasari, dan upacara di BNDCC, Nusa Dua, Badung.

Kompetisi tenis meja internasional, yang mengangkat slogan Smash on Drugs diikuti oleh atlet dari enam negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, India, dan Thailand.

"Pukulan pertama (yang menandai dibukanya kompetisi tenis meja internasional, red.) oleh Kepala BNN Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Pol. Sulistyo Pudjo Hartono , Sabtu (18/6/2022).

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional 2022 sengaja digelar di Bali untuk membantu membangkitkan kembali pariwisata di Pulau Dewata, dan mendukung kepemimpinan/presidensi Indonesia di forum G20.

"Dalam rangka HANI, kami mendukung presidensi (Indonesia di) G20, karena Bali menjadi tuan rumah (KTT) G20. Lewat acara (peringatan HANI) ini kami ikut menunjukkan Bali siap menjadi tuan rumah event internasional,” kata Kepala Humas dan Protokol BNN.

Tidak hanya pertandingan tenis meja internasional Smash on Drugs, BNN juga menggelar acara malam renungan pada tanggal 26 Juni 2022 di Pantai Mertasari, Denpasar.

Kegiatan itu bakal diikuti lebih dari 4.000 orang, di antaranya merupakan para duta besar negara sahabat, komunitas, forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Bali, pelajar dan mahasiswa.

Malam renungan itu, kata Pudjo, bakal menjadi ajang untuk refleksi dan kampanye antinarkoba yang dipimpin langsung oleh Kepala BNN.

"Deklarasi melawan narkoba juga akan digaungkan saat malam renungan," kata Pudjo.

Puncak peringatan HANI 2022 bakal digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Badung, Bali, pada tanggal 27 Juni 2022.

Kegiatan itu akan diisi oleh sambutan oleh Kepala BNN dan pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai berkontribusi terhadap upaya memberantas narkoba.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan 26 Juni sebagai Hari Antinarkoba Internasional yang diperingati tiap tahun oleh seluruh negara di dunia. Peringatan HANI telah digelar sejak 1989.

Pada tanggal 26 Juni dipilih untuk memperingati saat Lin Zexu, seorang tokoh di Tiongkok, berhasil memberantas perdagangan opium di Guandong pada tahun 1839. *ant


Komentar