nusabali

Tiga Siswa SMP di Bangli Tidak Lulus

  • www.nusabali.com-tiga-siswa-smp-di-bangli-tidak-lulus

Jumlah siswa kelas IX di Kabupaten Bangli sebanyak 3.641 siswa, lulus sebanyak 3.638 siswa.

BANGLI, NusaBali

Tiga siswa SMP di Kabupaten Bangli tidak lulus. Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Komang Pariarta, mengungkapkan ketiga siswa SMP yang tidak lulus, dua di antaranya siswa SMPN 4 Kintamani dan seorang siswa SMPN 2 Kintamani. Mereka tidak lulus karena ada siswa yang memutuskan berhenti sekolah dan ada yang nilai sikap tidak memenuhi syarat.

Komang Pariarta menegaskan, dua siswa tidak mengikuti ujian sekolah dengan alasan memang tidak mau sekolah. Sementara siswa yang nilai sikap di bawah standar akan mengulang kembali di kelas IX. Siswa yang mengulang di kelas IX sekolah di SMPN 4 Kintamani. Jumlah siswa kelas IX di Kabupaten Bangli sebanyak 3.641 siswa, lulus sebanyak 3.638 siswa. Sementara kelulusan tingkat SD 100 persen dengan jumlah siswa sebanyak 3.948 orang.

Kasek SMPN 4 Kintamani, I Wayan Merta mengatakan, jumlah siswa kelas IX sebanyak 246 orang, dua di antaranya tidak lulus. Satu orang tidak mau sekolah sehingga tidak mengikuti ujian. “Kami sudah melakukan pendekatan, namun siswa itu tidak mau sekolah,” jelas Wayan Merta. Satu lagi tidak lulus karena nilai sikap C. Sesuai ketentuan, nilai minimal adalah B. Siswa tersebut mendapatkan nilai C karena tindakannya tidak sesuai aturan. “Kami memberikan nilai C karena ada dasarnya. Pemberian nilai sudah melalui hasil rapat dengan guru atau wali kelas,” tegasnya.

Siswa dapat nilai C itu sering melakukan pelanggaran. Sudah dapat pembinaan namun belum ada perubahan. “Kami juga sudah komunikasikan dengan orang tua siswa. Karena tidak lulus maka siswa ini harus mengulang di kelas IX. Bisa juga mengikuti penyetaraan paket B,” jelas Wayan Merta. *esa

Komentar