nusabali

2 Wisatawan Terjebak 4 Jam

Usai Main Jumping di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-2-wisatawan-terjebak-4-jam

SEMARAPURA, NusaBali
Dua wisatawan mancanegara terjebak di bawah tebing Pantai Blue Lagoon, di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, setelah bermain jumping, sejak Senin (16/6) pagi.

Kedua WNA tersebut terjebak akibat air laut pasang sehingga mereka tidak bisa naik ke atas tebing. Pihak kepolisian setempat belum mengantongi identitas dua wisman itu. Informasi di lapangan, kedua WNA tersebut bermain jumping dari tebing Pantai Blue Lagoon, di wilayah Nusa Ceningan, sekitar pukul 11.00 Wita. Namun, dikarenakan air laut pasar dan sedikit berombak maka kedua WNA tersebut tidak bisa naik ke atas tebing.

Supaya tidak kelelahan akibat kehabisan tenaga, mereka memutuskan ke pinggir untuk mencari posisi aman sambil menunggu air pasang turun. Kedua WNA tersebut pun dilihat oleh warga sekitar, kemudian kejadian ini dilaporkan ke petugas kepolisian.

Namun, warga juga belum bisa memberikan pertolongan karena medan yang bertebing ditambah air laut masing pasang. Sehingga wisatawan yang terjebak itu pun harus menunggu air laut surut. Akhirnya setelah menunggu selama 4 jam tepatnya pukul 15.00 Wita, air laut surut dan mereka pun berhasil berenang ke tebing posisi jumping dan kembali naik.

Kapolsek Nusa Penida, Kompol I Gede Redastra, mengatakan kedua wisatawan tersebut sudah berhasil selamat dalam keadaan sehat tanpa ada luka sedikit pun. "Mereka berhasil naik ke atas tebing setelah air surut," ujar Redastra.

Saat dihubungi terpisah, Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klungkung I Putu Widiada mengaku belum menerima laporan terkait saat wisatawan sedang terjebak. "Kalau dapat laporan, pasti kami langsung meluncur ke lokasi. Mungkin karena dilihat wisatawan ini bisa menyelamatkan diri setelah air agak surut," ujar Susila.

Petugas Balawista Pos Jungutbatu, Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, I Ketut Susila, menambahkan mengenai kondisi di Blue Lagoon tersebut memang sangat berbahaya saat air laut pasang. Bahaya itu baik untuk aktivitas berenang maupun jumping dari atas tebing. Karena ombak langsung membentur ke batu karang. "Jangankan berenang, foto selfie pun harus menjaga jarak sekitar  2 - 3 meter dari tebing Blue Lagoon yang memiliki tinggi sekitar 8 meter tersebut," ujar Susila.*wan

Komentar