nusabali

Kosta Rika Lengkapi 32 Tim ke Piala Dunia 2022

  • www.nusabali.com-kosta-rika-lengkapi-32-tim-ke-piala-dunia-2022

AL RAYYAN, NusaBali
Kosta Rika menjadi tim ke-32 atau terakhir yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar, 21 November-18 Desember.

Tim berjulukan Los Ticos itu akan tergabung di Grup E bersama Spanyol, Jerman, dan Jepang.  Ya, Kosta Rika menang 1-0 atas Selandia Baru pada laga final play-off Inter-Confederation, di Stadion di Ahmad bin Ali Stadium, AR Rayyan, Qatar, Rabu (15/6) dinihari WITA. Kosta Rika jadi wakil Concacaf dan Selandia Baru wakil Oceanian.


Sukses itu jadi penampilan ketiga beruntun Kosta Rika, setelah tembus perempatfinal pada 2014 dan tersingkir di penyisihan grup pada 2018. Pada laga itu, Kosta Rika  unggul cepat di menit ke-3, setelah tendangan keras Joel Campbell di kotak penali  menembus gawang Selandia Baru.

Selandia Baru berusaha untuk menyamakan kedudukan dan sempat beberapa kali memberikan tekanan, salah satunya melalui penyerang Chris Wood yang sempat mencetak gol pada menit 39, namun dianulir wasit karena VAR menunjukkan gelandang Matthew Garbett melakukan pelanggaran kepada Oscar Duarte.

Setelah sempat tertekan, pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez melakukan tiga pergantian pemain di babak pertama, termasuk masuknya kapten veteran, Bryan Ruiz, tetapi Selandia Baru terus menciptakan lebih banyak peluang.

Harapan Selandia Baru untuk menyamakan kedudukan semakin berat ketika pemain pengganti mereka Kostas Barbarouses harus diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap bek Kosta Rika Francisco Calvo pada menit 69.

Penjaga gawang Kosta Rika Keylor Navas mampu melakukan beberapa penyelamatan krusial termasuk dari upaya jarak jauh Clayton Lewis, dan kemudian tembakan mendatar dari Wood di 10 menit terakhir laga.

Tim Los Ticos mencatatkan 33 persen penguasaan bola, berbanding 67 persen milik Selandia Baru. Selain itu, Kosta Rika memperoleh tiga peluang bagus dari tiga kesempatan. Sedangkan Selandia Baru melepaskan 15 tembakan dan empat di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara itu, pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez mengaku merasa mendapatkan pembenaran setelah membujuk pemain-pemain veteran seperti Keylor Navas dan Bryan Ruiz agar tetap bersama tim nasional.  

Navas yang berusia 35 tahun itu sudah memperkuat timnas lebih dari 100 pertandingan. Sedangkan Ruiz (36 tahun) juga diturunkan dalam laga itu. Navas beberapa kali membuat penyelamatan brilian.

"Saya harus membujuk mereka agar bertahan dan bertanding lagi dalam Piala Dunia dan saya senang saya sudah melakukannya," kata Fernando Suarez.

Kosta Rika gagal lolos otomatis dari penyisihan CONCACAF, tetapi Navas yang kiper Paris Saint-Germain itu mengaku tidak pernah kehilangan harapan dan keyakinan meskipun fakta telah memainkan banyak final. *ant

Komentar