nusabali

Inggris Dipermalukan Hungaria, Southgate Siap Bertanggungjawab

  • www.nusabali.com-inggris-dipermalukan-hungaria-southgate-siap-bertanggungjawab

LONDON, NusaBali
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate siap bertanggungjawab atas strategi yang diterapkan, setelah tim asuhannya dipermalukan Hungaria 0-4, pada laga UEFA Nations League 2022/2023, di Molineux Stadium, Wolverhampton, Rabu (15/6) dinihari WITA.

Southgate pun tidak menyalahkan timnya atas kekalahan tersebut. Ya, Southgate merombak hampir semua pemainnya kecuali di dua posisi dari tim yang terakhir bermain melawan Italia.  Sedangkan Hungaria hanya mengganti dua pemain dari tim yang sebelumnya berlaga melawan Jerman.

"Kami memilih tim muda yang punya energi. Ini tanggung jawab saya. Saya merasa saat half time kami perlu menyerang keluar. Kami membuat perubahan agar lebih menyerang, tetapi pertahanan kami jadi lebih terbuka," kata Southgate, kepada Channel Four, dikutip Daily Star.

Kekalahan itu benar-benar di luar dugaan. Posisi Gareth Southgate pun makin tertekan karena Timnas Inggris mencatat empat laga tanpa kemenangan secara beruntun di ajang UEFA Nations League.

Hasil-hasil itu jelas modal negatif yang diharapkan dalam persiapan menghadapi Piala Dunia 2022, di Qatar pada November hingga Desember 2022. Bahhkan, Inggris jadi bulan-bulanan fansnya sendiri.  Fans yang memadati Stadion Melineux mencemooh para pemain  Inggris. Mereka juga meneriakkan yel-yel menyindir Southgate.

Dia mengklaim bertanggung jawab penuh atas taktik yang dipilihnya melawan Hungaria, yang berujung bencana. Pada akhirnya tim yang dipilih Southgate belum cukup kuat untuk mendapatkan hasil di dua laga lawan Hungaria.

Timnas Inggris secara umum mendominasi penguasaan bola. Tapi serangan mereka benar-benar tumpul dan kalah efektif dari Hungaria.

Gol dari Hungaria dicetak Roland Sallai dua gol, serta Zsolt Nagy, dan Daniel Gasdag. Inggris juga harus tamil dengan 10 pemain, setelah John Stones dikartu merah wasit.

Pada pertandingan lain di Grup A3, Jerman mengalahkan Italia 5-2 di Borussia-Park, Rabu dinihari WITA. Kekalahan itu menjadi yang pertama bagi Italia di turnamen ini.

Lima gol Jerman dicetak oleh Joshua Kimmich (10'), Ilkay Gundogan (45+4'), Thomas Muller (51') dan dua gol Timo Werner (68', 69'). Sedangkan dua gol Gli Azzurri dilesakkan Wilfried Gnonto (78') dan Alessandro Bastoni (90+4').

Tambahan tiga poin membuat Jerman naik ke posisi kedua klasemen League A Grup 3 dengan enam poin dari empat laga. Italia turun ke urutan ketiga dengan lima poin. Sedangkan Hungaria di puncak klasemen dengan poin tujuh. Inggris dengan dua poin dari empat laga terpuruk di dasar klasemen. *

Komentar