nusabali

Anak Ngelawang, Hati-hatilah!

  • www.nusabali.com-anak-ngelawang-hati-hatilah

GIANYAR, NusaBali
Momentum hari raya Galungan - Kuningan dimanfaatkan banyak anak-anak untuk ngalawangang (mementaskan keliling) Barong.

Komisi Penyelenggara Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) meminta anak-anak agar berhati-hati ngalawang. Hal ini berkaca dari pengalaman tahun lalu, ada peserta ngalawang tertabrak kendaraan.

Komisioner Bidang Pendidikan KPPAD Bali Made Ariasa sangat mendukung berbagai kegiatan positif kreatif anak termasuk kegiatan seni budaya ngelawang barong. “Kegiatan ngalawang biasanya dilakukan di jalanan baik di jalan perkampungan, banjar, jalan desa termasuk di perumahan bahkan juga di jalan raya hampir di semua kabupaten kota masih banyak digemari dan dijadikan budaya atau kegiatan rutin oleh berbagai sekaa,” ujarnya, Rabu (15/6).

KPPAD meminta semua pihak wajib memberi perhatian semua baik bagi anak maupun keluarga dan masyarakat untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan. “Sebagaimana kita ketahui, tahun 2021 lalu sudah pernah terjadi kecelakaan salah satu anak yang ikut sekaha ngelawang barong tertabrak kendaraan bahkan sampai meninggal,” ujarnya.

Bercermin dari kondisi tersebut, KPPAD mengingatkan anak, para orang tua, masyarakat termasuk aparat keamanan adat maupun kepolisian agar ikut memberikan perhatian atas kegiatan ngelawang barong. “Bila perlu ada orang dewasa atau aparat keamanan ada memantau keamanan, keselamatan dan kenyamanan kegiatan,” harapnya. *nvi

Komentar