nusabali

Desa Adat Tanjung Bungkak Gelar Peed Mendak Bagia Pulakerti

Serangkaian Karya Mamungkah di Pura Dalem Tanjung Sari

  • www.nusabali.com-desa-adat-tanjung-bungkak-gelar-peed-mendak-bagia-pulakerti

DENPASAR, NusaBali
Desa Pakraman Tanjung Bungkak, Desa Sumerta Kelod, Denpasar Timur menggelar karya mamungkah, ngenteg linggih, padudusan agung, lan tawur balik sumpah utama di Pura Dalem Tanjung Sari, Jalan Hayam Wuruk Denpasar.

Puncak karya ini akan digelar pada Anggara Kasih Medangsia, Selasa (28/6/2022) mendatang. Serangkaian karya tersebut, digelar prosesi mendak bagia pulakerti di Pura Dalem Desa Adat Sumerta pada Buda Paing Kuningan, Rabu (15/6). Selanjutnya digelar mapeed atau iring-ringan bagia pulakerti menuju Pura Dalem Tanjung Sari.

Ratusan krama mengiringi prosesi ini dengan berjalan kaki melewati Jalan Meduri menuju Jalan Katrangan dan Jalan Hayam Wuruk Denpasar. Selain itu, juga digelar prosesi pamelaspas agung dan tawur panca kelud.

Bendesa Adat Tanjung Bungkak I Wayan Suja mengatakan, karya tersebut digelar menyusul rampungnya semua kegiatan renovasi sejumlah palinggih dan bangunan di Pura Dalem Tanjung Sari. Karya agung mamungkah, ngenteg linggih, padudusan agung, tawur balik sumpah utama ini telah direncanakan sejak lama. Terlebih, karya agung seperti ini sempat digelar pada 1991 lalu. “Setelah banyak palinggih dilakukan renovasi, dan kini sudah selesai, maka dilakukanlah karya agung ini,” ucap Wayan Suja.

Wayan Suja menambahkan, rangkaian karya ini diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp 4 miliar sampai Rp 5 miliar. “Dengan semangat krama nyanggra karya ini, niscaya Ida Sasuhunan akan memberkati dan memberikan kerahayuan bagi krama serta keharmonisan bagi semua makhluk,” kata Wayan Suja.

Puncak karya ini akan berlangsung pada Selasa, 28 Juni 2022 mendatang. Upacara puncak ini dipastikan akan berlangsung sehari penuh, karena dimulai dari upakara padudusan agung dan dilanjutkan dengan paselang pada siang hari dengan upakara nyatur rebah dan sore harinya upakara ngider buana.

Upakara ini akan dipuput Ida Pedanda Putra Bajing, Ida Pedanda Putra Telaga, serta Ida Pedanda Gede Beluangan. Rangkaian karya ini juga akan diisi dengan prosesi melasti ke Segara Bangsal, Sanur. Dipastikan ribuan umat akan mengiringi proses melasti ke segara. Upacara melasti ini akan berlangsung menjelang puncak karya pada Anggara Pon Langkir, Selasa 21 Juni 2022 mendatang. *mis

Komentar