nusabali

Dihajar Hungaria 0-4, Inggris Telan Kekalahan Terburuk dalam 94 Tahun

  • www.nusabali.com-dihajar-hungaria-0-4-inggris-telan-kekalahan-terburuk-dalam-94-tahun

WOLVERHAMPTON, NusaBali.com – Inggris menelan kekalahan memalukan di kandang sendiri, saat dibantai Hungaria empat gol tanpa balas pada laga Grup A3 UEFA Nations League, Selasa (14/6/2022) atau Rabu dini hari Indonesia.

Hungaria menghancurkan Inggris melalui dua gol Roland Sallai, sedangkan dua gol lainnya dilesakkan Zsolt Nagy dan Daniel Gazdag.  Kekalahan ini menjadi kekalahan terburuk The Three Lions di kandang sejak dibantai Skotlandia 5-1 pada 1928.  Dan kekalahan dari Hungaria mengulang kekalahan telak di kandang dari lawan yang sama dengan skor 3-6 pada 1953.

Kekalahan dari Hungaria juga menjadi kedua bagi Inggris dari lawan yang sama dalam 10 hari terakhir. Saat bertandang ke kandang Hungaria, Inggris juga menyerah 0-1. 

Kemenangan itu membawa Hungaria untuk sementara berada di peringkat pertama klasemen Grup A3 UEFA Nations League dengan raihan tujuh poin dari empat laga.  Jerman membayangi di posisi kedua setelah menggulung Italia 5-2 pada laga lainnya. Sedangkan Inggris tertahan di posisi juru kunci dengan torehan dua poin dari hasil imbang sebelumnya melawan Italia dan Jerman.

Pada laga yang dilangsungkan di Stadion Molineux, Wolverhampton,  fans mencemooh kekalahan yang dialami Inggris, apalagi dalam laga UEFA Nations League belum memenangi laga.  Alhasil Inggris terancam turun kasta di Grup B pergelaran turnamen sepakbola Eropa ini.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate pun mengakui timnya tak cukup bagus untuk memenangi laga. Walaupun menguasai pertandingan, namun dari 10 tembakan, hanya dua yang tepat sasaran. Bandingkan dengan Hungaria yang membuat lima shot on goal dalam enam percobaan saja.

Pelatih 51 tahun ini  menjajal racikan baru dengan menurunkan beberapa pemain muda seperti Marc Guehi, Conor Gallagher, hingga Jude Bellingham berdampingan dengan Harry Kane dan John Stones.  Sementara Declan Rice, Harry Maguire disimpan dengan alasan menghindari cedera menjelang Piala Dunia 2022.

"Kami memiliki beberapa pemain muda bertalenta, namun mereka butuh para pemain berpengalaman di sekitar mereka. Saat situasi tak berjalan baik, saya tak menaruh seorang pemimpin di sekitar mereka.

Inggris tampil dominan dengan mencatatkan 69 persen penguasaan bola dan melepaskan 10 tendangan yang dua di antaranya tepat sasaran.  Meski begitu, Hungaria tampil lebih efektif dengan melepaskan enam tembakan ke gawang dengan lima di antaranya tepat sasaran dan empat berbuah menjadi gol.

Hungaria unggul lebih dulu pada menit ke-16 setelah Roland Sallai mengamankan bola dari umpan Adam Lang sebelum akhirnya melepaskan tendangan menggunakan kaki kanan yang menjebol gawang Inggris.

Pada menit ke-70, Sallai mencetak gol keduanya untuk Hungaria memanfaatkan umpan Martin Adam dengan melepaskan tendangan yang merobek gawang Aaron Ramsdale untuk menggandakan keunggulan.

Inggris harus menerima kenyataan tertinggal tiga gol dari Hungaria pada menit ke-80 setelah tendangan jarak jauh pemain sayap Zsolt Nagy membobol gawang Ramsdale.

Derita The Three Lions kembali bertambah setelah bek John Stones menerima kartu kuning kedua seusai melakukan pelanggaran keras kepada gelandang Daniel Gazdag.

Dua menit sebelum berakhirnya waktu normal, Hungaria memantapkan kemenangan mereka lewat gol keempat yang dibuat oleh Daniel Gazdag. *ant, mao

Komentar