nusabali

300an Warga Terima Bantuan Pengobatan Mata

  • www.nusabali.com-300an-warga-terima-bantuan-pengobatan-mata

GIANYAR, NusaBali
Sekitar 300an warga dari pelbagai pelosok desa antusias mengikuti kegiatan Bhakti Sosial Saving Sight (penyelamatan mata) di Balai Banjar Kebon, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Selasa (14/6) pagi hingga siang.

Kegiatan ini digelar oleh tim The John Fawcett Foundation (JFF) yang difasilitasi oleh relawan sosial kemanusiaan di Kabupaten Gianyar  Nyoman Arjawa SSn. Pantauan di lokasi, ratusan warga dengan sabar menunggu antrian untuk mendapatkan pelayanan. Dari 300an warga tersebut ada yang memeriksakan mata hingga langsung mendapatkan bantuan kacamata gratis. Ada juga dengan penanganan operasi mata karena penyakit katarak. Belasan petugas dari JFF dengan sigap membantu setiap warga yang minta bantuan penanganan penyakit mata.

‘’Kami harapkan agar bantuan pengobatan mata seperti ini bisa rutin ada di sini. Karena kalau berobat di Puskesmas atau rumah sakit, tidak langsung dapat bantuan kacamata. Kacamata harus beli di luar, dan harganya mahal,’’ ujar salah seorang warga usai menerima bantuan kacamata gratis.

Relawan Sosial Kemanusiaan Nyoman Arjawa mengatakan kegiatan ini digelar atas inisiatifnya guna memenuhi keinginan masyarakat, khususnya yang bermasalah dengan penglihatan. Sebelum kegiatan, mantan anggota DPRD Gianyar ini dihubungi oleh banyak warga untuk mendapatkan bantuan pengobatan mata dan kacamata gratis, bahkan ditangani dengan operasi karena katarak. ‘’Sebelum kegiatan ini, saya intens berkomuniksi dengan tim kesehatan dari JFF, lanjut bersosialisasi tentang bhakti sosial ini kepada pihak terkait dan warga. Saya tak menyangka warga membeludak untuk dapat bantuan pengobatan penglihatan ini,’’ jalas seniman asal Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar ini. Mantan Perbekel Buruan ini mengakui pilihan lokasi kegiatan di Banjar Kebon karena lokasi ini strategis, mudah diakses oleh warga dari pelbagai pelosok desa.

Bhakti sosial itu dipantau oleh Camat Blahbatuh melalui Kasi Kesejahteraan Sosial I Made Widarsana SH. Dia menyatakan kebanggaannya karena masih ada warga dan lembaga yang tergerak untuk membantu masyarakat yang sedang didera penyakit mata. Dia sepandapat bahwa kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan sehingga makin sedikit masyarakat yang menghadapi persoalan penglihatan. Selama ini warga yang kena gangguan penglihatan tahunya hanya ke Puskesmas, dokter praktik, atau rumah sakit. "Ini salah satu kegiatan bhakti sosial yang benar-benar murni bervisikan kemanusiaan. Kegiatan ini sangat bagus untuk dilanjutkan di tempat lain,’’  ujar mantan kepala seksi di DPRD Gianyar ini. *lsa

Komentar