nusabali

3 Besar Pelamar JPT Pratama Kadisdukcapil Ikuti Tes Tambahan

  • www.nusabali.com-3-besar-pelamar-jpt-pratama-kadisdukcapil-ikuti-tes-tambahan

SINGARAJA, NusaBali
Tiga besar pelamar atau peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buleleng menjalani tes tambahan.

Mereka diwajibkan mengikuti tes wawancara langsung dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ketiga peserta tersebut Made Juartawan yang Camat Gerokgak,  Ida Ayu Pancani Yuliati Sekretaris Dinas Kebudayaan Buleleng dan Ida Bagus Widia yang Kepala Bidang Sarana dan Tertib Niaga Perdagangan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Buleleng. Proses wawancara Kemendagri secara virtual, Senin (13/6).

Kepala Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) I Gede Wisnawa, Selasa (14/6), mengatakan tes tambahan ini pun hanya berlaku untuk seleksi jabatan Kepala Disdukcapil. Sedangkan tahapan seleksi pada jabatan lain seperti Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) sudah tuntas lebih dulu.

Menurutnya tes tambahan ini dilaksanakan sesuai dengan regulasi dan aturan Kemendagri. Setiap pengisian jabatan eselon II di Dinas Dukcapil wajib melaksanakan tes wawancara dari Kemendagri. Tahapan seleksi itu juga dihadiri dan disaksikan langsung Ketua Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama Buleleng Gede Suyasa. “Kemarin tes wawancara secara virtual diisi oleh Sekretaris Dirjen, Direktur Bina Aparatur dan Direktur Pendaftaran Penduduk pada Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri. Semua berjalan lancar dari pukul 14.00-16.00 wita,” kata Wisnawa.

Jelasnya, Pansel Kabupaten Buleleng akan menunggu hasil tes wawancara Kemendagri. Selanjutnya hasil tes gabungan akan dimintakan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dipilih salah satu dan dilantik oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. “Mudah-mudahan segera ada hasilnya. Kami kejar terus agar segera bisa dilantik. Apalagi tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai, tentu jabatan Kadisdukcapil harus segera terisi untuk mendukung mensukseskan pemilu,” kata Wisnawa yang juga mantan Sekwan DPRD Buleleng ini.*k23

Komentar