nusabali

Jembrana Jadi Objek Studi Tiru Pemkab Biak Numfor

  • www.nusabali.com-jembrana-jadi-objek-studi-tiru-pemkab-biak-numfor

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana mendapat kunjungan birokrat Pemkab Biak Numfor, Papua, Selasa (14/6).

Rombongan Pemkab Biak Numfor yang dipimpin Asisten I Setda Biak Numfor Mahasunu melaksanakan kunjungan terkait studi tiru, di antaranya tentang sistem desa adat dan pemilihan kepala desa, pengelolaan sektor perikanan, serta pengelolaan desa wisata di Jembrana.

Rombongan dari Pemkab Biak Numfor itu diterima oleh Sekda Jembrana I Made Budiasa dan sejumlah jajaran OPD terkait di Gedung Auditorium Jembrana, Jalan Mayor Sugianyar, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana.

Pada kunjungan tersebut, Mahasunu didampingi Staf Ahli I dan II Bupati Biak Numfo, Simon Rumaropen dan I Putu Wiadnyana, sejumlah pejabat eselon III serta 121 kepala kampung (kepala desa) se-Kabupaten Biak Numfor.

Sekda Budiasa mengatakan, merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Jembrana yang telah menjadi daerah pilihan tujuan kunjungan studi tiru. Melalui kunjungan ini, diharapkan adanya sinergi informasi sekaligus mempererat silaturahmi. “Kami berharap melalui kunjungan ini, kita dapat mempererat tali silaturahmi dan saling bertukar pikiran berbagai program pembangunan,” ucapnya.

Menurut Sekda Budiasa, kunjungan dari Pemkab Biak Numfor mengajak para kepala kampung (kepala desa) se-Kabupaten Biak Numfor ini, guna melihat dan menyaksikan cara pelaksanaan e-voting di Jembrana. Jembrana selama ini dikenal sebagai daerah yang pernah menerapkan e-voting dalam pemilihan kepala kewilayahan (kelian dusun).

“Ini menjadi salah satu objek studi tiru mereka. Termasuk juga masalah desa wisata, pengelolaan manajemen desa wisata, dan pengembangan potensi perikanan. Dan bagaimana pengelolaan desa adat karena di sana juga ada suku, adat, dan budaya yang beragam. Mereka ingin mencari tahu bagaimana mengelola desa adat sehingga nantinya bisa dikembangkan di Kabupaten Biak Numfor,” ucap Sekda Budiasa.

Mahasunu berterima kasih kepada Bupati Jembrana yang kali ini diwakili oleh Sekda Jembrana. Menurutnya, Kabupaten Jembrana merupakan salah satu daerah yang berpotensi untuk dijadikan tempat melakukan studi tiru. “Tujuan kami kemari adalah untuk melakukan studi tiru terkait tiga rencana itu. Karena menurut kami, Pemkab Jembrana lebih baik daripada kabupaten kami. Jadi kami ingin belajar lebih dekat bagaimana Kabupaten Jembrana ini dengan cara melakukan studi tiru,” ucapnya.

Menurut Mahasunu, Kabupaten Jembrana cukup populer. Begitu juga terkait keharmonisan di tengah keragaman yang ada di Jembrana, menjadi salah satu daya tarik kunjungan studi tiru jajarannya. “Melalui kunjungan kerja ini, dapat menjadi wawasan pengetahuan kami untuk dapat diterapkan di daerah kami nantinya. Kami juga merasa tersanjung karena disambut dengan baik di sini. Bisa disambut langsung oleh Bapak Sekda beserta jajarannya,” ujar Mahasunu. *ode

Komentar