nusabali

Libas Ceko, Spanyol ke Puncak

Tekuk Portugal, Swiss Raih Kemenangan Pertama

  • www.nusabali.com-libas-ceko-spanyol-ke-puncak

MALAGA, NusaBali
Gol dari Carlos Soler dan Pablo Sarabia membawa Spanyol menang 2-0 atas Republik Ceko, pada laga di La Rosaleda, Malaga, Senin (13/6) dinihari Wita. Kemenangan itu membawa Spanyol merebut puncak klasemen Grup A2 UEFA Nations League.

Sedangkan pada laga lainnya, Portugal kalah 0-1 saat tandang lawan Swiss. Spanyol mendominasi permainan sejak awal dan membuka skor saat Soler mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-24, menyusul umpan brilian dari man-of-the-match Marco Asensio.

Lalu pemain pengganti Sarabia memperbesar keunggulan Spanyol pada menit ke-75 setelah menyelesaikan serangan balik yang dimulai pemain tengah Barcelona berusia 17 tahun, Gavi.

Kini Spanyol memuncaki klasemen Grup A2 dengan delapan poin dari empat laga. Sedangkan Portugal turun ke peringkat kedua dengan tujuh poin menyusul kekalahan 0-1 dari Swiss. Republik Ceko di posisi ketiga dengan empat poin, unggul satu poin dari Swiss, yang mencatat kemenangan pertama di kompetisi tahun ini.

Pada laga lawan Republik Ceko, pelatih tim Matador Luis Enrique membuat sembilan perubahan pada susunan pemain yang mengalahkan Swiss 1-0 pada Kamis.

"Semuanya sempurna.  Kami datang untuk memberikan kemenangan kepada para penggemar yang menciptakan atmosfer luar biasa dan disertai dengan penampilan hebat,” kata Soler.

"Mengakhiri laga dengan menjadi pemuncak klasemen grup adalah hal yang terbaik, jadi ini adalah upaya yang luar biasa dan malam yang luar biasa,” lanjut Soler.

Sementara itu, gol menit pertama striker Haris Seferovic membawa Swiss menang 1-0 atas Portugal. Kemenangan anak asuh Murat Yakin itu menjadi yang pertama pada UEFA Nations League musim ini.

Portugal, yang juara UEFA Nations League 2018-2019 itu sebenarnya mampu menyamakan kedudukan pada menit 18 lewat Rafael Leao, namun gol tersebut dianulir karena lebih dahulu terjebak offside. Swiss mempertahankan keunggulan atas Portugal hingga pluit panjang berbunyi.

Portugal mendapat kekalahan pertamanya tahun ini setelah pada laga lawan Swiss,  tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo, Joao Moutinho dan Raphael Guerreiro. *ant

Komentar