nusabali

Harga Cabai Berangsur Turun

  • www.nusabali.com-harga-cabai-berangsur-turun

BANGLI, NusaBali
Harga cabai di tingkat petani kisaran Rp 60.000 per kilogram. Sebelumnya, harga di petani Rp 80.000-Rp 90.000 per kilogram.

Saat harga cabai di petani Rp 90.000 per kilogram, harga di pasaran tembus Rp 100.000 per kilogram.  Terjadi penurunan harga setelah Hari Raya Galungan. Salah seorang petani cabai, I Nengah Arnata, menduga harga cabai turun karena permintaan mulai berkurang. “Jelang hari raya permintaan tinggi sehingga harga cabai naik. Saat itu ketersediaan cabai juga terbatas,” ungkap Arnata, Senin (13/6). Namun saat ini permintaan mulai berkurang. Kemungkinan lain, ketersediaan cabai juga banyak. Petani asal Dusun Pucangan, Desa Kayubihi Kecamatan Bangli ini menduga harga cabai kembali naik jelang Hari Raya Kuningan dan Idul Adha.

Arnata tanam cabai di lahan seluas 80 are dengan 15 ribu pohon cabai. Dalam seminggu panen 300 kilogram cabai. Memastikan cabai yang dihasilkan bagus, Arnata secara maksimal melakukan perawatan. Cuaca yang tidak menentu juga berdampak terhadap cabai. “Jika kurang perawatan cabai mudah terserang penyakit dan ini dapat mengurangi produksi,” jelas Arnata. *esa

Komentar