nusabali

Tekankan Kerjasama Bidang SDM dan Pariwisata

Jaya Negara–Walikota Darwin Australia Teken MoU Sister City

  • www.nusabali.com-tekankan-kerjasama-bidang-sdm-dan-pariwisata

DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Walikota Darwin, Northern Territory, Australia Konstantine Vatskalis, melanjutkan kesepakatan kerjasama sister city dengan menandatangani memorandum of understanding (MoU).

Penandatanganan MoU dilakukan di Gedung Dahrma Negara Alaya Kreatif Hub Denpasar, Senin (13/6).  Walikota Vatskalis juga berkesempatan meninjau gedung Dharma Negara Alaya Denpasar serta menyaksikan pertunjukan Tari Pendet, Tari Tenggek, dan Barong.

Hadir di kesempatan ini Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Wakil Ketua DPRD Denpasar Wayan Mariyana Wandhira, Konsul Jenderal Australia Anthea Griffin, serta Forkopimda Denpasar.

Hadir pula Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, istri Wawali Ny Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Denpasar Ny Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Wagub Cok Ace menyampaikan dengan adanya jalinan kerjasama sister city antara Kota Denpasar dan Darwin dapat meningkatkan hubungan kedua kota termasuk dalam hal kreativitas. Seperti halnya peningkatan ekonomi kreatif, pariwisata, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Seperti yang disampaikan oleh Walikota Vatskalis, hotel di Kota Darwin tidak dapat terisi penuh karena keterbatasan tenaga kerja. “Tentu kerjasama ini dapat menjadi keuntungan bersama terutama dalam bidang penempatan tenaga kerja. Dengan kerjasama ini dapat bermanfaat bagi kedua kota,” ujarnya.

Walikota Jaya Negara menyampaikan kerja sama ini diharapkan dapat membangun ketangguhan kota dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan di masa depan, melalui berbagai program dan kegiatan yang telah dicanangkan dalam rencana aksi kerja sama ini.

Di samping itu, dalam skala yang lebih luas, kerjasama ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk menemukan solusi-solusi terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan global, seperti perubahan iklim (climate change), pembangunan berkelanjutan (SDG's), masalah perkotaan, kapasitas SDM, serta permasalahan global lainnya.

“Seperti yang disampaikan walikota Darwin bahwa hotel di Kota Darwin yang kekurangan tenaga kerja sehingga hal ini dapat menjadi peluang kerjasama dalam peningkatan kemampuan serta kesempatan anak-anak muda di Kota Denpasar bekerja di Australia,” ujar Walikota Jaya Negara.

Sebagaimana diketahui, Australia merupakan pangsa pasar utama pariwisata Bali dan Kota Denpasar, sehingga kunjungan ini memberikan harapan baru bagi industri pariwisata di Bali yang tengah berupaya untuk bangkit kembali setelah terpuruk selama dua tahun.

“Yang terpenting, kerjasama ini diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi keduanya, Kota Denpasar-Darwin, untuk saling melengkapi satu sama lain, serta melakukan langkah-langkah nyata sebagai implementasinya,” kata Walikota Jaya Negara.

Walikota Vatskalis menyampaikan bahwa pihaknya memerlukan satu sama lain dan mempertegas perjanjian sister city Darwin dan Denpasar. “Saya percaya, setelah menandatangani MoU bersama Walikota Denpasar, ke depannya kita dapat melakukan langkah secara bersama-sama,” katanya.

Usai penandatanganan MoU dilakukan pertukaran naskah antara Walikota Denpasar dengan Walikota Darwin, serta istri Walikota Ny Sagung Antari Jaya Negara dengan istri Walikota Darwin Ny Amy Vatskalis. *mis

Komentar