nusabali

Galungan, DLH Pastikan Nihil Sampah Tercecer

  • www.nusabali.com-galungan-dlh-pastikan-nihil-sampah-tercecer

GIANYAR, NusaBali
Volume sampah sisa upakara saat Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (8/6), relatif meningkatkan dibandingkan hari biasa.

Meski demikian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar Ni Made Mirnawati memastikan tak ada sampah tercerer. DLH Gianyar tak menerima laporan di seputaran Kota Gianyar, ada tumpukan sampah.  "Volume sampah sudah pasti meningkat. Sudah menjadi rutinitas setiap hari raya. Tapi kami pastikan semua tertangani dengan baik," jelasnya Minggu (12/6). Hanya saja, Mirna tak mengantongi data berapa kubik peningkatan volume sampah hari raya. "Untuk volume sampah hari raya datanya masih di UPT," ujarnya.

Katanya, dalam penangan sampah pasca hari raya, DLH telah berkoordinasi dengan kepala lingkungan untuk menyosialisasikan jadwal dan teknis pengangkutan sampah sehingga tidak terjadi penumpukan sampah rumah tangga. "Untuk penanganannya kita mengoptimalkan pengangkutan dan koordinasi dengan kaling terkait jadwal pengangkutan untuk menghindari penumpukan sampah RT," jelasnya.

Sehingga pasca hari raya ini pihaknya nihil menerima laporan tumpukan sampah. Selain melakukan kordinasi dengan kepala lingkungan serta penjadwalan pengangkutan pihaknya juga telah mempersiapkan jadwal ektra untuk pengangkutan. "Astungkara, tidak ada sampah menumpuk selama rangkaian hari raya. Kami juga mempersiapkan tambahan jadwal atau shift tambahan untuk pengangkutan, sehingga selama hari raya nihil tumpukan sampah," terang birokrat asal kelurahan Bitera ini.*nvi

Komentar