nusabali

Spanyol-Portugal Raih Kemenangan

Enrique Senang Matador Akhiri Keperkasaan Swiss

  • www.nusabali.com-spanyol-portugal-raih-kemenangan

JENEWA, Nusabali
Timnas Spanyol dan Portugal sama-sama meraih kemenangan pada laga ketiga Grup 2 UEFA Nations League A.

Portugal membungkam Republik Ceko 2-0, dan Spanyol menang tipis 1-0 atas Swiss. Spanyol melawat ke markas Swiss di Stade de Geneve, Jumat (10/6) dinihari WITA. Meski berlaga di kandang lawan, La Roja tampil dominan. Spanyol menorehkan 66 persen penguasaan bola, dan melepaskan tujuh tembakan yang tiga di antaranya tepat sasaran. Tim Matador pun menang 1-0, berkat Pablo Sarabia pada menit ke-13, dengan memanfaatkan umpan Marcos Llorente.

Sedangkan Portugal menang 2-0 saat menjamu Rep Ceko di Estadio Jose Alvalade, juga Jumat dinihari WITA. Mereka tampil menekan sejak bola digulirkan. A Selecao mencatatkan 63 persen penguasaan bola, berbanding 37 persen milik Republik Ceska.

Timnas Portugal memperoleh lima peluang bagus dari 11 kesempatan. Sedangkan Ceko sembilan tembakan dan hanya satu mengarah ke gawang. Portugal meraih kemenangan dua gol tanpa balas atas Ceko. Dual gol itu dicetak Joao Cancelo pada menit ke-33 dan Goncalo Guedes menit ke-38.

Kini Spanyol di urutan kedua Grup 2 UEFA Nations League A dengan nilai lima. Mereka tertinggal dua poin dari Portugal di tempat teratas. Sedangkan Rep. Ceko di peringkat ketiga dengan empat poin, dan Swiss yang menghuni dasar grup dengan nol poin.

Pada laga selanjutnya, 13 Juni, Timnas Spanyol akan menghadapi Republik Ceko dan Portugal melawan Swiss. Kemenangan Spanyol atas Swiss membuat pelatih Luis Enrique semringah. Apalagi, kemenangan itu memutus catatan tak terkalahkan Swiss di kandang.

Dilansir situs resmi UEFA, Swiss tidak pernah kalah pada laga kompetitif di kandang sendiri, setelah terakhir kali terjadi pada 2014. Selain itu, Swiss juga menelan kekalahan perdana di kandang pada UEFA Nations League.

"Hasil menentukan segalanya, begitulah cara kerja sepakbola profesional. Swiss menjalani delapan tahun tanpa kalah dalam laga kompetitif di kandang: 23 pertandingan," ujar Enrique.

"Hari ini kami tahu bagaimana memaksakan gaya kami. Swiss adalah tim di level atas. Mari kita lihat di Piala Eropa dan mereka juga lolos ke Piala Dunia," kata Enrique. *

Komentar