nusabali

Liburan, BVA Optimistis Wisatawan Meningkat

  • www.nusabali.com-liburan-bva-optimistis-wisatawan-meningkat

DENPASAR, NusaBali
Bali Villa Association (BVA) optimistis kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara (wisman) akan meningkat pada Juli-Agustus 2022.

Pendorongnya ada dua. Untuk wisdom, karena sudah mulai musim liburan sekolah mulai pertengahan Juni hingga pertengahan Juli. Sedangkan peningkatan kunjungan wisman diperkirakan didominasi wisatawan asal Australia.

“Agustus nanti memang musim liburan di Australia,” ujar Ketua DPD Bali Villa Association (BVA) Putu Gede Hendrawan, Jumat (10/6).

Praktisi pariwisata dari Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung, ini menyebut tingkat hunian vila berkisar 40-45 persen. Jumlah tersebut masih tergolong rendah, karena masih di bawah 50 persen. Dari prosentase tersebut, wisdom mendominasi.

Dengan ada dua momen liburan, yakni liburan sekolah di dalam negeri dan musim liburan di Australia itulah, dia optimistis kunjungan wisatawan akan semakin meningkat. “Saya kira pola kunjungan sebagaimana sebelum pandemi secara perlahan akan terulang kembali,” imbuh Putu Gede Hendrawan.

BVA mengapresiasi langkah-langkah pemulihan pariwisata Bali oleh pemerintah, sehingga pariwisata Bali khususnya sudah menggeliat setelah selama 2 tahun mati suri. “Bagaimanapun pariwisata tetap menjadi tumpuan perekonomian Bali,” ucap Putu Gede Hendrawan.

Sementara Dinas Pariwisata Provinsi Bali mencatat jumlah WNA (wisman) yang datang ke Bali tercatat 238.759 orang. Jumlah yang berasal dari 262.302 PPLN (pelaku perjalanan luar negeri) tersebut berdasar catatan dari 4 Februari sampai dengan 8 Juni 2022.

Dari 10 besar wisman ke Bali, wisman asal Australia yang paling banyak yakni 16.407 orang. Disusul wisman asal Inggris 6.043, wisman Singapura 5.277, wisman dari Amerika Serikat 5.241, dari Jerman 5.037, hingga wisman Rusia pada ranking 10 besar sebanyak 1.908 orang. Sedangkan maskapai internasional yang sudah terbang ke Bali sebanyak 18 maskapai dari 10 negara. *k17

Komentar